Kaba Pemko Bukittinggi

Angin Kencang, Rumpun Bambu Tumbang ke Jalan

Bukittinggi, KABA12.com — Akibat angin kencang yang datang tiba-tiba Sabtu (01/02) sekitar pukul 14 .00 WIB salah satu rumpun Bambu di jalan Soekarno Hatta, Kelurahan Manggis Ganting depan panti asuhan Bukittinggi tumbang.

Rumpun bambu tersebut tumbang ke jalan yang mengakibatkan kemacetan kendaraan dari Bukittinggi arah Payakumbuh dan sebaliknya.

Untung saja ketika kejadian tidak ada masyarakat yang berada dibawahnya ataupun kendaraan yang sedang lewat, sehingga pada kejadian tidak menimbulkan kerugian dan korban jiwa.

Baca Juga:  Niniak Mamak Bukittinggi Kecewa, Gubernur Sumbar "Absen" Pada HJK 235 Bukittinggi

Dari keterangan salah seorang warga sekitar menyatakan, akibat angin kencang tiba-tiba rumpun bambu rebah memlintang jalan dan sempat menghambat lalu lintas.

Beberapa anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bukittinggi yang datang ke lokasi langsung memotong bambu tersebut menggunakan chinshow dan langsung dibawa menggunakan truck.

Selama, pembersihan bekas rumpun bambu tumbang tersebut, masyarakat yang mengatur jalan raya menggunakan sistem buka tutup.

Baca Juga:  Dihantam Angin Kencang, 1 Rumah Rusak Berat di Sungai Pua

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Bukiktinggi, Fauzan yang ditemui di lokasi kejadian membenarkan kalau rumpun bambu tersebut tumbang akibat angin kencang. Dengan posisinya di tebing, mengakibatkan rumpun bambu tumbang sampai ke akarnya.

“Kita mengusahakan memotong bambu ini untuk melancarkan lalulintas,” terang Fauzan.

Terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Kota Bukittinggi, Drs Ibentaro Samudra, menjelaskan, setelah pemotongan bambu diserahkan pada masyarakat yang ingin memanfaatkannya dan kalau ada yang tidak dipakai langsung dibuang.

Baca Juga:  Angin Kencang, Pohon Tumbang Hantam Rumah Bakhtiar di Sigiran

“Rumpun bambu di tempat ini memang sudah direncanakan untuk dipotong sesuai permintaan masyarakat. Sebab, di rumpun bambu ini banyak sekali bersarang ular yang membuat keresahan di masyarakat. Dengan adanya kejadian ini, kita akan membongkar seluruh akar bambu,” papar Ibentaro.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top