alterntif text

Kaba DPRD Bukittinggi

DPRD Kab. Simalungun Apresiasi DPRD Bukittinggi Bermitra Dengan BPJ

Bukittinggi, KABA12.com — Anggota DPRD didampingi staff sekretariat DPRD Bukittinggi bersama anggota Bukittinggi Parlemen Jurnalis (BPJ), mengunjungi DPRD kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Kunjungan kerja itu, disambut langsung oleh Ketua DPRD Kab. Simalungun didampingi Sekwan, di ruang kerja Ketua DPRD Simalungun, Jumat (24/01).

Ketua Komisi III DPRD Bukittinggi, Maderizal, menjelaskan, kedatangan DPRD bersama sekretariat dan BPJ Bukittinggi dalam rangka mempelajari pengelolaan kepariwisataan Simalungun, fasilitator kegiatan kedewanan oleh sekretariat dan juga kemitraan dengan media. Dimana, beberapa masukan yang dipelajari tentu akan dapat diterapkan di Bukittinggi dan disesuaikan dengan aturan serta adat budaya yang ada.

“Kami datang untuk mempelajari bagaimana dampak kepariwisataan terhadap PAD. Selain itu, bagian sekretariat DPRD juga mempelajari bagaimana proses fasilitasi dan pengawasan kegiatan dewan, seperti reses ataupun kegiatan lainnya. Selain itu, kami juga bersama rekan BPJ yang juga ikut berkoordinasi terkait hubungan kemitraan DPRD Simalungun dengan awak media,” jelas Maderizal, diamini Kasubag Fasilitasi dan Pengawasan, Ramon Arisa Putra, Kasubag Umum dan Kepegawaian, Hendra Eka Putra dan Ketua BPJ Bukittinggi, Y. A. Fadhil.

Ketua DPRD Kabupaten Simalungun, Timbul Jaya Sibarani, mengapresiasi kedatangan rombongan DPRD dan BPJ Bukittinggi. Hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi DPRD Simalungun didatangi wakil rakyat dan wartawan Bukittinggi secara bersamaan.

“Untuk pariwisata, kita di Simalungun, memang sangat mengandalkan potensi Danau Toba. Karena pesonanya, cukup banyak mendatangkan wisatawan, yang tentunya berefek pada peningkatan hunian hotel dan restoran. Sehingga pajak hotel dan restoran juga sangat berpengaruh pada PAD kita yang berjumlah Rp 120 milyar lebih. Selain itu, beberapa objek wisata lainnya juga dianggarkan untuk pengembangan dan rehabilitasinya,” jelasnya.

Selanjutnya, politisi dari fraksi golkar itu, juga mengapresiasi kemitraan DPRD dengan rekan media. Hal ini dibuktikan dengan adanya organisasi atau perkumpulan BPJ, yang sangat mendukung sosialisasi kegiatan kedewanan.

“Kami lihat, Bukittinggi lebih bagus dalam merangkul rekan media. Kalau di kabupaten Simalungun, kemitraan dengan mitra pers masih dilakukan secara personal, belum dibentuk menjadi sebuah organisasi, seperti BPJ. Hal ini tentu dapat pula jadi pelajaran dan masukan bagi kami, karena media bisa saling bermitra untuk melakukan berbagai sosialisasi atas kebijakan yang dilakukan dewan,” ungkapnya.

Sementara, untuk fasilitasi kegiatan kedewanan, lanjut tokoh masyarakat yang sudah memasuki periode keempat di DPRD Simalungun ini, diposisikan sesuai tupoksi dari SOTK yang ada. Seperti reses difasilitasi oleh bagian risalah dan keuangan. Sementara beberapa kegiatan yang belum ditentukan, dikerjakan bersama dikomandoi langsung oleh Sekwan,” pungkasnya.

DPRD Kabupaten Simalungun, terdiri dari 50 anggota dewan dan delapan fraksi. Tahun 2020 ini, APBD Simalungun mencapai Rp 2,4 trilyun, dengan target PAD Rp 120 milyar.

Ketua BPJ Bukittinggi, Y.A. Fadhil, mengucapkan terima kasih atas sambutan dan apresiasi dari Ketua DPRD Simalungun.

“Kemitraan yang telah dibangun dengan DPRD Bukittinggi, memang dijalin sejak satu tahun terakhir. Sehingga memang silaturrahmi dan komunikasi yang terjalin dengan anggota dan sekretariat DPRD dapat dilaksanakan secara profesional dalam rangka membantu sosialisasi kegiatan kedewanan Bukittinggi,” tutupnya.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top