Pariwara Pemkab Agam

“Lakek Tangan” Indra Catri Buktikan Agam Maju

Pariwara, KABA12.com — Selama hampir dua periode menjabat Bupati Agam ( 2010-2015 & 2016-2021), “ lakek tangan” Dr.H.Indra Catri Dt.Malako nan Putiah betul-betul terlihat nyata. Berbagai sarana dan infrastruktur pendukungan pelayanan masyarakat dibangun meratas di seluruh wilayah nagari dan kecamatan.

Saat ini, bisa disaksikan bahkan sudah dinikmati masyarakat, seluruh kantor camat sebagai sentral pelayanan terhadap masyarakat sudah dibangun megah, kantor walinagari sebagai pusat pelayanan pemerintah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, kini mayoritas sudah dibangun di 82 nagari, puskesmas megah dan modern sudah merata hadir melayani kebutuhan kesehatan masyarakat.

Selain itu, sarana pendidikan, gedung sekolah terutama SD dan SMP,k kini sudah menjadi bagian penting dinikmati masyarakat dan para generasi masa depan kemajuan daerah ini dengan baik, termasuk sarana pasar tradisional yang dibangun modern sebagai pusat aktivitas ekonomi masyarakat.

Hal itu sesuai dengan agenda pembangunan yang tersusun dalam RPJM kedua (periode kedua) bupati Indra Catri, yang memfokuskan pembangunan yang sesungguhnya dibidang pelayanan pemerintahan, pelayanan kesehatan, pelayanan pendidikan dan mendorong peningkatan kesejahteraan melalui pasar-pasar yang permanen.

“ Lakek Tangan “ Indra Catri dalam bidang pembangunan, yang merata di seluruh wilayah kabupaten Agam dan menyebar di 16 kecamatan, juga bisa disaksikan dengan semakin “menghitamnya” seluruh ruas jalan kabupaten dan nagari yang ada di kabupaten Agam. Melalui berbagai program, pembenahan sarana jalan, menjadi target penting dalam mendorong aktifnya kegiatan ekonomi masyarakat di seluruh nagari.

“ Kita mendorong hadirnya berbagai sarana utama dalam melayani aktivitas mendasar bagi masyarakat, terutama sarana jalan, kesehatan, pendidikan, pelayanan, irigasi dan sarana pendukung lain, yang didorong dengan berbagai kegiatan yang diarahkan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya dalam kegiatan ekonomi, “ sebut Dr.Indra Catri.

Dan hal itu, ditegaskannya, tak lepas dari komitmen bersama, bahkan dukungan dari seluruh elemen yang ada dalam masyarakat, termasuk jajaran pemerintahan nagari di kabupaten Agam, karena saat ini, pemerintah nagari, punya tanggungjawab besar dalam mendorong kemajuan dan pembangunan pisik di nagari masing-masing sesuai program pemerintahan desa secara nasional.

“ Itu sebabnya, saya terus mendorong seluruh walinagari untuk aktif dalam berbagai hal, tidak hanya di belakang meja, hanya tanda tangan, tapi saya minta walinagari hari memperlihatkan lakek tangan nya dalam memacu kemajuan nagari secara nyata, “ tegas Indra Catri lagi.(*)

Baca Juga:  Bupati Agam Bantu Keluarga Martunis

Sarana Pelayanan, Prioritas Dorong Agam Menyemai

Fokus Pemkab Agam dalam mendorong dibangunnya berbagai sarana kantor dan gedung pelayanan di seluruh kecamatan dan nagari, terutama untuk mendorong terealisasinya berbagai program prioritas yang sudah dirancang.

Karena hadirnya sarana kantor yang memadai, akan memberi kemudahan pada masyarakat yang membutuhkan pelayanan, sekaligus sebagai “media” untuk saling kegiatan di seluruh wilayah.

Menurut Yosefriawan, Asisten II Sekab.Agam, yang membawahi kegiatan bidang pembangunan, memahami sasaran bupati Agam Dr.Indra Catri yang gencar membangun berbagai sarana kantor untuk mendorong terkonsentrasinya aktifitas pelayanan terhadap masyarakat yang diarahkan untuk memacu peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai program strategis.

Saat ini, kantor camat, kantor walinagari, puskesmas, sekolah, sarana ibadah, irigasi, jalan, pasar, dan berbagai jenis infrastruktur lainnya, secara apik sudah terbangun di mayoritas wilayah kabupaten Agam.

Ragam sarana yang sudah ada, kini dipacu dengan hadirnya berbagai aktivitas non pisik, berupa program pertanian, perikanan, ketahanan pangan, perkebunan, BUMnag, pembinaan aparatur nagari, optimalisasi program sosial, serta berbagai program pemberdayaan yang dilakukan seluruh lembaga yang ada, termasuk PKK dan dharma wanita, menjadi kekuatan yang menyatu untuk menghadirkan sosok kemajuan kabupaten Agam yang sesungguhnya.

“ Hal itu, sudah terlihat nyata di lapangan, dan saat ini sudah mulai dinikmati masyarakat, sebagai sebuah kemajuan yang sesungguhnya, “ sebut Yosefriawan.

Bahkan, jajaran terkait di Pemkab Agam, kini menjabarkan secara sistimatis seluruh tahapan yang dirancang dalam RPJM 2010-2015 dan 2016-2021, yang arahnya sudah semakin jelas. Dibuktikan beragam potensi yang dimiliki kabupaten Agam, sudah mencuat ke permukaan, baik potensi pertanian, perikanan, perkebunan, pariwisata dan berbagai potensi lain yang kini dinikmati masyarakat sebagai sebuah peluang ekonomi.(*)

Agam Menyemai Kerangka Dasar Kemajuan

Kajian dan tahapan rencana pembangunan kabupaten Agam yang disusun secara sistimatis dan professional sejak awal, sudah dirasakan manfaatnya oleh berbagai lapangan masyarakat.

Bupati Agam Dr.Indra Catri yang gigih merealisasikan program Agam Menyemai kini membuahkan hasil. Masyarakat bisa merasakan tujuan dan target bupati Agam dengan program Agam menyemai yang sesungguhnya.

Baca Juga:  Syafrizal Jabat Camat Sungai Pua

Program Agam menyemai, dengan konsep dasar program Agam menanam, secara maksimal didorong bupati Agam, dengan beragam cara, tidak hanya konsep diatas kertas, tapi juga dukungan bibit berbagai jenis tanaman, yang mendorong masyarakat menanam halaman dan pekarangan belakang rumah dengan jenis tanaman dan buah-buahan untuk kebutuhan harian, bahkan dengan dendang nyanyian, yang diciptakan sendiri oleh Bupati Agam Dr.Indra Catri, untuk memaksimalkan program itu di lapangan.

“ Nan di laman untuk ka makan, dan parak baok ka pakan “ ( tanaman di halaman rumah untuk kebutuhan makan sehari-hari, dan yang ditanam di kebun, dibawa ke pasar, dijual untuk memenuhi kebutuhan harian lainnya). Itu target program Agam menyemai yang kini ,mayoritas masyarakat di kabupaten Agam sudah melaksanakannya.

“ Dampaknya akan sangat dirasakan masyarakat, semua program Pemkab.Agam dibawah bupati Indra Catri, sepenuhnya untuk masyarakat, untuk kemandirian pangan, untuk kesehatan, untuk pemanfaatan lahan kosong, penghijauan, silaturrahmi dan target-target sosial lain, ditengah semakin beratnya ancaman era globalisasi terhadap kehidupan sosial-ekonomi masyarakat, “ sebut Kasman Zaini, Kabag.Protokoler-Komunikasi Pimpinan Sekab.Agam.

Hasil investigasi di lapangan, ragam keuntungan dinikmati masyarakat dengan pemanfaatan lahan kosong, terutama di rumah sendiri untuk memenuhi kebutuhan hidup dan pendidikan anak.(*)

Aura Kemajuan Kabupaten Agam Adalah Lubukbasung

Tak salah Bupati Agam Dr.Indra Catri dalam merancang dan menyusul rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) selama dua periode menjawab sebagai pimpinan pemerintahan di kabupaten Agam.

Sosok Indra Catri dengan latar belakang pendidikan sebagai ahli perencanaan, betul-betul ahli dalam merancang dan merencanakan berbagai hal, terutama dalam menata kota, menata pembangunan daerah, dan membuat skala prioritas sesuai tahapan disesuaikan dengan kekuatan keuangan daerah. Semua terencana dengan baik, sistimatis dan strategis.

Yang terencana dengan baik adalah, pengembangan kota Lubukbasung, yang dalam 3 tahun terakhir, berlari kencang dalam ketersediaan berbagai sarana pembangunan untuk melayani masyarakat.

Dan hal itu sesuai harapan yang mengemuka dalam masyarakat Lubukbasung sendiri, sebagai pusat pemerintah dan sentral pelayanan daerah, ibukota kabupaten Agam ini harus betul-betul tampil megah, nuansa tradisi nan modern serta menjawab aspirasi yang berkembang dalam masyarakat.

Baca Juga:  Kabupaten Agam Selalu Terbaik, TPID Ampek Angkek Nominasi Nasional

Saat ini, seluruh gedung-gedung dengan standar lantai II karena kondisi wilayah yang rawan gempa, dibangun konsisten. Kini menjulang gedung-gedung yang menjadi kebanggaan masyarakat yang dihiasi dengan ragam ornament mengesankan, kompleks ruang terbuka hijau di GOR Rang Agam, air mancur yang menjadi objek hiburan dan sarana bermain anak-anak yang didukung berbagai sarana yang menawan.

Lubukbasung kekinian, sudah menjadi sosok kota maju, bahkan menyaingi kota-kota yang sudah lebih dulu berkembang di Sumatera Barat. Kebanggaan masyarakat kabupaten Agam akan pusat kota yang didukung berbagai sarana yang lengkap, menjadi catatan sejarah penting yang dibangun sosok Indra Catri secara professional yang nantinya, dengan mudah akan bisa dilanjutkan para pemimpin daerah selanjutnya, itupun bagi yang paham akan konsep tata kota yang sesungguhnya. (*)

Beragam Inovasi Pacu Kemajuan

Beragam kemajuan yang dirilis di kabupaten Agam menjadi pemacu kemajuan yang sudah dibuktikan secara pisik di seluruh wilayah nagari, kecamatan bahkan pusat pemerintahan kabupaten di Lubukbasung.

Beragam inovasi jajaran OPD Pemkab Agam dalam memaksimalkan kemudahan pelayanan untuk masyarakat, sesuai dengan kemajuan tekhnologi informasi menajdi salah satu poin penting,bahkan menjadi catatan prestasi bagi daerah ini secara nasional untuk daerah ini.

Menurut H.M.Dt.Maruhun, Sekab.Agam, berbagai inovasi bidang pelayanan, birokrasi pemerintahan, birokrasi keuangan, sistim komunikasi, keterbukaan informasi public, termasuk dalam perencanaan pembangunan menjadi kekuatan penting yang menyeimbangkan berbagai kemajuan yang dirilis dalam bidang pisik.

Bahkan, berbagai terobosan yang dilakukan jajaran Pemkab Agam, sudah memperlihatkan kemajuannya dalam melayani masyarakat, bahkan memberi kemudahan dalam berbagai aspek, termasuk menjawab tuntutan transpransi sesuai regulasi yang ditetapkan pemerintah pusat.

“ Kita akan terus mendorong seluruh elemen yang ada di pemerintahan untuk memacu secara optimal kreativitas, ide-ide dan berbagai hal lain, yang sasarannya untuk memaksimalkan layanan untuk masyarakat, karena pemerintah hadir untuk melayani masyarakat, “ tegas M.Dt.Maruhun lagi.

Dan sukses itu, dibuktikan dengan ragam pengakuan dan prestasi yang diraih Pemkab.Agam dari pemerintah pusat, bahkan daerah ini, semakin menjadi pusat perhatian sekaligus menjadi objek studi komparatif dari berbagai daerah di Sumbar.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top