Kaba Terkini

Agam Targetkan Produksi Ikan Air Tawar 50 Ribu Ton Pada 2020

Lubukbasung, KABA12.com — Pemerintah Kabupaten Agam, menargetkan produksi ikan air tawar sebanyak 50 ribu ton pada 2020. Hal itu disebutkan,Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Agam, Ermanto, Jumat (3/1), target 50 ribu ton ikan itu berasal dari keramba jaring apung, kolam air tenang, kolam terpal dan kolam air deras yang tersebar di 16 kecamatan.

Baca Juga:  Warga Lubukbasung Gelar Shalat Istisqa, Doakan Riau-Jambi Turun Hujan

Dijelaskan Ermato, target produksi ikan itu sama dengan 2018, namun realisasi tahun lalu hanya 3.679 ton disebabkan program pengurangan keramba jaring apung (KJA) di Danau Maninjau.

Berkurangnya produksi ikan akibat kebijakan Pemkab Agam untuk mengurangi jumlah keramba jaring apung dalam rangka menyelamatkan Danau Maninjau dari pencemaran limbah pakan ikan. Agar target 50 ribu ton ikan itu tercapai, DKP Agam akan mencetak kolam baru lima hektare di 16 kecamatan. Pada 2019 realisasi cetak kolam baru hanya 2,5 hektare di Kecamatan Palembayan dan Lubukbasung.

Baca Juga:  Arsenal Hancurkan Everton 5-1

“Tidak tercapainya target cetak kolam baru akibat lokasi tidak sesuai dengan kriteria cetak kolam baru, karena sumber air tidak ada, lahan yang diusulkan hanya kecil dan lainnya. Selain itu, mengaktifkan kolam air tenang yang tidak aktif, pembenahan kolam air deras dan lainnya,” terangnya.

Baca Juga:  TP PKK Bukittinggi Raker ke IX

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top