Agam

Dampak Hujan Lebat. 90 Rumah Terendam Banjir di Gantiang Sitanang

Sitanang, kaba12.com — Dampak hujan lebat yang mendera wilayah kabupaten Agam memicu banjir di wilayah jorong Gantiang, nagari Sitanang, kecamatan Ampek Nagari, Minggu,(24/11) malam, menyebabkan puluhan rumah warga terendam banjir.

Banjir diduga akibat luapan sungai Batang Sitalang yang meluap akibat hujan lebat sejak Minggu sore tadi. Bahkan diinformasikan, ketinggian di rumah-rumah penduduk hingga pukul 21.15 WIB ini, sudah mencapai 1 meter.

Luapan banjir diinformasikan warga juga sudah menyebabkan terputusnya ruas jalan di kawasan itu, terutama yang menghubungkan Gantiang ke Sitanang, maupun ke Bawan.

Hingga berita ini ditayangkan, belum diperoleh data resmi dari lembaga terkait di Pemkab. Agam, terkait jumlah rumah yang terendam banjir, kepala keluarga yang terdampak, serta sarana lain yang terimbas banjir tersebut.

Sementara informasi yang diperoleh kaba12.com, wilayah jorong Gantiang, nagari Sitanang, merupakan salah satu kawasan rawan bencana banjir di kecamatan Ampek Nagari.

Informasi yang diperoleh dari Syahrizul Doni Sy, yang rumahnya ikut terendam banjir di Gantiang Sitanang, setidaknya ada 90 unit rumah dari total 120 rumah di wilayah yang sudah direndam banjir sejak pukul 19.30 WIB.

Disebutkan, ketinggian air sudah mencapai 1 meter dari permukaan jalan, sehingga menyebabkan aktivitas masyarakat terhenti, termasuk keluar rumah, karena suasana gelap dan hujan masih turun.

Sementara personil Satpol PP-Damkar Agam sudah mulai bergerak ke lokasi banjir, untuk memantau kondisi lapangan, sekaligus mengupdate situasi di lokasi bencana banjir tersebut.

(Ardi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

To Top