Kaba Pemko Bukittinggi

ASN Bukittinggi Periksa Jantung dan Pembuluh Darah

Bukittinggi, KABA12.com — Sekitar 150 pejabat eselon 2 dan 3 di lingkungan Pemko Bukittinggi mengikuti Pemeriksaan Jantung dan Pembuluh Darah dalam rangka Hari Kesehatan Nasional di Hall Badan Keuangan Bukittinggi, Rabu (20/11).

dr. Vera Mayasari Sp. DLP. MM, ketua pelaksana kegiatan, mengatakan pemeriksaan jantung dan pembuluh darah ini merupakan upaya deteksi dini penyakit jantung seperti hipertensi heart desease yaitu penyakit jantung hipertensi mengacu pada kondisi jantung yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Kegiatan ini merupakan program kerja Yayasan Jantung Indonesia Pusat dan menjadi program kerja yayasan jantung cabang Bukittinggi dengan tema Jantung Sehat SDM Unggul.

Baca Juga:  Ranah Minang Berduka, Syahrul Tarun Yusuf Berpulang

“Pemeriksaan hari ini untuk eselon dua dan tiga, sementara bagi ASN lainnya akan dilaksanakan pada tahun depan. Bagi eselon dua dan tiga yang sedang bertugas luar diminta untuk memeriksakaan diri ke Puskesmas Rasimah Ahmad untuk pemeriksaan selanjutnya.
Pemeriksaan hari ini dilaksanakan oleh satu dokter spesialis jantung, dua spesialis layanan primer dan satu dokter umum yang telah terlatih untuk pemeriksaan jantung dan perawat yang telah mengikuti pelatihan EKG yang dibiayai oleh Pemko Bukittinggi,” jelasnya.

Ketua Yayasan Jantung Indonesia Cabang Bukittinggi, Yesi Ramlan Nurmatias mengatakan, kegiatan hari ini merupakan kegiatan pertama Yayasan Jantung selain melaksanakan Senam Jantung Sehat di Jam Gadang setiap hari minggu. Ini merupakan salah satu kegiatan Gerakan Masyarakat Sehat.

“Kita lakukan untuk mengingatkan kepada diri kita agar menjaga dan berperilaku hidup sehat. Hari ini Yayasan Jantung Sehat bekerja sama dengan Pemko lewat dokter Spesialis yang hadir untuk memeriksa pejabat eselon dua dan tiga,” ungkapnya.

Baca Juga:  PDAM Belum Bisa Cukupi Kebutuhan Air Warga Bukittinggi

Yesi Ramlan Nurmatias melanjutkan, Yayasan Jantung Sehat ingin melakukan pemeriksaan untuk semua ASN, tapi karena keterbatasan dana dan waktu, hari ini baru bisa dilaksanakan untuk eselon dua dan tiga. Ia berharap setelah ini bisa pula dilaksanakan unguk semua ASN Pemko Bukittinggi, tanpa kecuali.

Baca Juga:  Kebijakan Dikriminatis Trump Juga di Kecam Dari Dunia Olahraga

Selanjutnya Yesi mengatakan, terkait ulang tahun kota, Yayasan Jantung Sehat akan melaksanakan seminar tanggal 23 November di Fort de Kock. Ia berharap peserta pemeriksaan kesehatan yang hadir hari ini juga bisa hadir pula pada acara di Fort de Kock.

Kemudian tanggal 15 Desember Yayasan Jantung Sehat juga akan mengadakan Jam Gadang Fun Bike seputaran Kota Bukittinggi sejauh 18 kilometer.
(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top