Kaba Terkini

KUBE Mandiri PKH Jawi- Jawi Padang Galanggang Gelar P2K2

Matur, kaba12.com — KUBE Mandiri PKH Jawi- Jawi jorong Padang Galanggang, kenagarian Matua Mudiak kecamatan Matur ikuti pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (P2K2) untuk memaksimalkan aktivitas kelompok.

KUBE PKH Jawi-Jawi yang beranggotakan 21 orang dibentuk bulan Maret 2018 yang berawal dari satu kelompok P2K2 PKH dengan Pendamping SDM PKH Robiansyah, S.Pd.

Seperti dijelaskan Robiansyah, KUBE PKH Jawi-Jawi memilih bertani untuk kelompok produktifnya, dengan mengembangkan berbagai jenis komoditi perkebunan.

Untuk biaya membeli bibit terong, cabe rawit, daun bawang, kacang dan ubi jalar, anggota sepakat untuk iuran sebesar Rp10.000 per orang, selain itu ada juga anggota yang membawa bibit dari rumah atau ladang mereka untuk di tanam di lahan kelompok.

Baca Juga:  Kunjungi Mentawai, Nasrul Abit Dengar Keluhan Warga dan Nelayan

Ditambahkan Robiansyah, lahan yang digunakan untuk kegiatan kelompok ini memanfaatkan lahan tidur yang dipinjam dari salah satu warga yang untuk bersedia menyerahkan lahan untuk diolah menjadi lahan pertanian, ” mereka mengolahnya dengan gotong royong yang juga dibantu oleh suaminya mereka,” ulasnya.

Selama lahan itu diolah, tambahnya, anggota kelompok tersebut juga sepakat bergotong-royong untuk merawat ladang mereka seminggu sekali sampai panen.

Pendamping SDM PKH Robiansyah itu menambahkan, disela-sela mengolah lahan tersebut, anggota kelompok juga mendatangi penyuluh pertanian untuk mencari tambahan pengetahuan agar tanaman yang mereka olah bersama bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Baca Juga:  Atasi Torino, Juventus Ke Semifinal

Dari penyuluh pertanan, kelompok ini diajarkan tentang kadar kesuburan tanah, bibit yang cocok ditanami, membuat racun buatan pengendali hama dan lain lain,” dampak ilmu dari penyuluhan pertanian bisa menekan biaya lahan mereka lebih murah lagi dengan hasil yang melimpah,” ulasnya.

Bahkan, Jumat,(15/11) KUBE PKH Jawi-Jawi itu, sudah memanen kol dengan hasil yang cukup lumayan untuk anggota, dan sudah meningkatkan pendapatan keluarga serta bisa memenuhi kebutuhan keluarga mereka .

Baca Juga:  BRI Bukittinggi Peduli COVID-19 Bantu Tim Medis dan Pedagang

Kepala Dinas Sosial, Rahmi Artati, disela-sela persiapan Bulan Bakti Karang Taruna tingkat Sumatera Barat, menyatakan peran dari semua OPD sangat dibutuhkan untuk meningkatkan pendapatan keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan (KPM-PKH).

Perab itu, salah satunya dengan memberikan dukungan pembinaan dan penyuluhan bagi para anggota KUBE PKH, sehingga pemahaman dan pengetahuan anggota PKH makin tinggi, termasuk dibidang pertanian,” peran dari penyuluh pertanian dilapangan yang dengan senang hati memberikan pengetahuan kepada KPM – PKH, akan memberi manfaat lebih bagi mereka,” ulasnya.
HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top