Kaba Terkini

Nagari Pasia Laweh Gelar Festival Manangguak Udang 2019

Palupuah, kaba12.com — Untuk mendorong kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara ke nagari Pasia Laweh, kecamatan Palupuah beragam terobosan dilakukan jajaran pemerintahan nagari setempat.

Seperti halnya dijadualkan Minggu, 24 November mendatang, nagari Pasia Laweh, kecamatan Palupuah akan menggelar festival Manangguak Udang, Pameran Udang Khas Simantan dan Daun Angge 2019.

Festival unik merangkai beragam inovasi yang dilakukan jajaran pemerintah nagari Pasia Laweh, Palupuah, untuk mendorong makin dikenalnya beragam potensi wisata yang ada di wilayah itu, diantaranya wisata Aia Tajun Tujuah Tingkek, Sarasah Nyiak Sabi Mudiak Angge, Aia Sarasah 3 Tngkat di Jorong Sungai Guntuang, Pusaro Panjang jorong Aua Kuniang serta potensi wisata lainnya.

Baca Juga:  Daftarkan Bakal Caleg, Partai Berkarya Targetkan 8 Kursi

Selain dari promosi wisata alam, jajaran pemerintah nagari terus berupaya untuk meningkatkan ekonomi masyarakatnya, dengan mempromosikan kerajinan lokal dengan potensi wisata.

Seperti dijelaskan Walinagari Pasia Laweh, Palupuah Zul Arifin Dt.Parpatiah, festival manangguak udang yang akan digelar tersebut bertujuan untuk memajukan UKM yang ada di Jorong Angge diantaranya pengrajin tangguak.

Dengan festival manangguak, diyakini pengrajin tangguak akan terdorong untuk meningkatkan produksi kerajinannya seiring dengan festival yang digelar, termasuk dampak lain.

Baca Juga:  Korwas Agam Sertijab 8 Kepala SMA se-Agam Barat

” Festival, akan kita gelar Minggu, 24 November 2019 mendatang, dipusatkan di Mudiak Angge yang berhulu Sarasah Nyiak Sabi 7 tingkat Jorong Angge”, kata Zul Arfin.

Ditambahkan Zul Arifin, festival ini diapresiasi banyak pihak, dibuktikan dukungan dan kerjasama seluruh aparatur Pemerintah Nagari Pasia Laweh, PKK, Pokdarwis masyarakat Mudiak Angge, dan didukung sponsor.

Ditambahkan, festival manangguak udang ini, akan digelar di sepanjang hulu sampai ke hilia sungai Mudiak Angge yg terkenal dengan potensi berupa udang dan daun angge.

“Untuk dorprize pemenang I,II dan III akan diberikan hadiah dan paket bingkisan selain itu panitia juga menyediakan puluhan doorprize menarik, serta para peserta dan pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan alam yang asri dengan diiringi musik tradisi. Diakhir acara panitia akan menyajikan berbagai masakan khas Mudiak Angge berbahan dasar udang, simantan (ikan) dengan kombinasi sayur daun angge plus samba lado hijau, ” ulas Zul Arifin berpromosi.

Baca Juga:  Dewan Apresiasi Gedung Baru Pemerintah, Kantor Baru, Kerja Maksimal

“Pendaftaran gratis, terbuka untuk umum, kami tunggu kehadirannya, ingat kami tidak menyediakan tangguak, ” tambah walinagari Pasia Laweh, Palupuah itu bersemangat.

HARMEN/HARRY

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top