Kaba Pemko Bukittinggi

KPU Bukittinggi Sosialisasi Pemilihan Serentak 2020 Melalui RPP

Bukittinggi, KABA12.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bukittinggi melalui Rumah Pintar Pemilu (RPP) melaksanakan sosialisasi pendidikan pemilih dalam rangka pelaksanaan pemilihan serentak tahun 2020 untuk siswa SLTP dan SLTA di Kota Bukittinggi.

Yasrul, Komisioner KPU Divisi Teknis Penyelenggara KPU Kota Bukittinggi, menyebutkan, KPU melalui Rumah Pintar Pemilu (RPP) memberikan sosialisasi dalam bentuk pendidikan berdemokrasi di sekolah. Sosialisasi yang diadakan disesuaikan atau disinkronkan dengan pemilihan OSIS di sekolah.

“Artinya, sosialisasi yang diadakan KPU melalui RPP di sekolah pada saat sekolah itu akan mengadakan pemilihan OSIS. Sehingga pelaksanaan pemilihan OSIS ibaratkan pelaksanaan pemilihan serentak yang melalui beberapa tahapan,” ujar Yasrul.

Beberapa sekolah yang telah diberikan pendidikan demokrasi bersamaan dengan pemilihan OSIS, diantaranya, SMAN 1, SMAN 3,SMP Al Ishlah, SMPN 4, SMPN 1,SMPN 7 dan SMPN 3 Bukittinggi.

“Tujuan sosialisasi pendidikan pemilih ini, agar mereka para siswa, sedini mungkin memahami sistem pelaksanaan pemilu di Indonesia. Sehingga pada saat mereka sudah bisa menggunakan hak pilihnya, mereka benar benar faham dengan sistem pemilihan yang Luber dan Jurdil itu,” ungkap Yasrul.

Disamping itu, lanjutnya, para siswa dengan mengikuti sosialisasi pendidikan pemilih ini diharapkan bisa memahami dan membuat visi dan misi calon pemimpin yang disesuaikan dengan tatanan dan program yang ada dilingkungan mereka.
(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

To Top