alterntif text

Bukittinggi

Pertahankan Kerajinan Daerah,Tingkatkan Ekonomi Kerakyatan

Bukittinggi, KABA12.com — Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bukittinggi, Ny. Yesi Endriani Ramlan Nurmatias menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dekranas tahun 2019 di lantai 16 Gedung Serba Guna Jenderal AH Nasution, Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, Selasa, (10/09). Rakernas Dekranas kali ini mengusung tema “Bekerja Dengan Hati Untuk Memajukan Kerajinan Indonesia”.

Rakernas yang dibuka oleh Ny. Mufidah Jusuf Kalla serta dihadiri mantan Presiden Megawati Soekarno Putri, diikuti oleh Ketua Dekranasda Provinsi dan Kabupaten/Kota se Indonesia yang digelar selama satu hari. Dan pada hari berikutnya, digelar Pameran Karya Nusantara (Kriyanusa) tahun 2019 yang dimulai dari 11 – 15 September 2019 di Balai Kartini Jakarta.

Dalam kesempatan itu, Megawati menekankan agar setiap daerah untuk mengurus Hak Kekayaan Intelektual (HKI) bagi kerajinan daerah. Sedangkan narasumber dari Wakil Dirjen ekonomi kreatif dan Bank Indonesia mengharapkan Dekranas bisa tersinergi dengan Ekonomi kreatif. Terutama kerajinan nasional agar lebih kreatif dan inovatif sehingga mempunyai nilai jual yang tinggi sampai keluar negeri.

Ny. Yesi Ramlan Nurmatias saat dimintai keterangan mengatakan, melalui Rakernas ini akan disingkronkan antara program pusat dan daerah. Agar para pengrajin di Kota Bukittinggi dapat bersaing dipasaran. Lebih jauh, ia mengatakan, pihaknya juga bersinergi dengan Dekranasda Provinsi Sumatra Barat dalam peningkatan kualitas dan pemasaran produk kerajinan daerah Kabupaten Karo.

“Rakernas ini media menambah wawasan bagi Dekranasda Kota Bukittinggi dalam membina usaha kecil menengah (UKM) para pengrajin. Sehingga, produk kerajinan yang dihasilkan lebih berkualitas, memiliki nilai tambah, dan dapat bersaing di pasar nasional maupun internasional,” ujar Yesi.

UKM dari Bukittinggi pun dibawa mengikuti pameran Kerajinan Kriyanusa, sebagai momen mempromosikan dan memasarkan hasil kerajinan dari Bukittinggi. Disamping itu, Kriyanusa juga menjadi ajang pembelajaran bagi para pengrajin daerah untuk dapat lebih memperhatikan dan meningkatkan kualitas produk-produk yang dipamerkan.

“Intinya, Dekranasda Kota Bukittinggi akan selalu berusaha dapat mendorong pelaku industri kerajinan, agar mampu bersaing. Kita harus mampu berperan dalam meningkatkan daya saing UMKM serta ekonomi kreatif, melalui peningkatan kuantitas dan kualitas produk. Pameran Kriyanusa bertujuan meningkatkan rasa cinta dan bangga masyarakat Indonesia akan produk kerajinan Indonesia,” ujarnya.

Yesi pun berharap Pemko Bukittinggi akan selalu mendukung penuh setiap kegiatan Dekranasda, karena itu adalah bagian dari memajukan pembangunan di daerah. “Saya yakin dan percaya jika semua pemangku kepentingan memiliki visi yang sama, kerajinan kita akan lebih maju. Karena pada dasarnya produk hasil produk daerah memiliki manfaat ganda, pada satu sisi merupakan upaya untuk melestarikan warisan budaya leluhur kita sesuai semangat kearifan lokal, pada sisi lain hal tersebut merupakan upaya untuk menumbuhkan kegiatan ekonomi kerakyatan,” ujar Yesi Ramlan.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top