alterntif text

Bukittinggi

InTAB Gelar Seminar Menghafal Al-Quran

Bukittinggi, KABA12.com — Institut Tahfizh Al-Quran Bukittinggi (InTAB), akan melaksanakan seminar dan workshop pendidikan guru tahfizh. Seminar yang dilaksanakan ini mengangkat tema “Menghafal Al-Quran Cepat dan Mutqin”.

Direktur InTAB Kota Bukittinggi Munadi, didampingi Ketua Panitia Pelaksana Seminar Musir Mukhtar mengatakan, kegiatan seminar dan workshop tersebut bakal dilaksanakan pada Minggu 15 September 2019 di Aula SMAN 1 Bukittinggi. Rencananya, seminar ini akan dibuka oleh Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias.

Dalam seminar menghadirkan pemateri dari LTTQ Indonesia dan Pimpinan Sanggar Al-Quran Ust Ari Jauharruddin. Untuk peserta seminar dan workshop ini adalah masyarakat umum dari berbagai kalangan dan profesi yang berkeinginan memperbaiki bacaan dan hafalan Al-Quran, terutama guru agama disekolah sekolah, guru MDA dan lainnya.

Menurut Munadi, adapun maksud dari kegiatan seminar dan workshop yang dilaksanakan ini adalah, untuk menumbuhkan ghirah keislaman dengan cara mendekat diri kepada Al-Quran, serta mengembangkan budaya cinta Al-Quran. Sedangkan tujuan dari kegiatan seminar adalah untuk membumikan Al Quran, membentuk generasi yang qurani, mengenalkan metode mudah membaca dan menghafal Al Quran, serta mengembangkan konsep psikologi pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan usia penghafal Al Quran.

“Saat ini sejumlah persiapan terus dimatangkan panitia untuk kelancaran kegiatan tersebut. Kita juga sangat mengharapkan dukungan dan partisipasi dari semua pihak agar acara seminar ini dapat terlaksana dengan baik, sehingga mampu meninggalkan kesan yang baik pula bagi peserta,” ujar Munaidi, di kampus InTAB Jalan Perintis Kemerdekaan Pasar Bawah Bukittinggi, Kamis (12/09).

Ia menjelaskan, InTAB merupakan lembaga tahfizh pertama yang fokus mendidik calon guru tahfizh.

Disamping itu, InTAB yang berada dibawah naungan Yayasan Inyiak Syech Bagodat ini, juga hadir untuk membangun generasi islam yang qurani. InTAB menyelenggarakan program pendidikan guru thafizh dari kalangan mahasiswa, guru, guru MDA dan umum.

InTAB juga menyelenggarakan program Smart Tahfizh untuk usia PAUD, SD, SLTP dan SLTA. Kemudian program khusus fashahatul lisan/tahsin semua umur lintas profesi.

“Keberadaan InTAB Kota Bukittinggi hadir untuk memberikan pencerahan, menjawab keraguan, dan menawarkan solusi mudah dan simple dalam menghafal alquran. Untuk itulah InTAB mengadakan seminar dan workshop untuk pendidikan guru tahfizh dengan baraind konsep, mampu menghafal sepuluh menit perhalaman,” ujar Munadi.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Musir Mukhtar menyampaikan, latar belakang dilaksanakannya seminar ini adalah, melihat perkembangan dan kemajuan teknologi yang semakin pesat, sehingga tanpa disadari sebagian masyarakat muslim lambat laun mulai sedikit meninggalkan bacaan yang meruapakan identitas seorang muslim yaitu Al Quran.

Untuk menjawab semua tantangan itu ungkap Musir, banyak lembaga tahfizh muncul dengan marak dan sangat diminati masyarakat.

Lembaga tahfizh ini menjadi solusi yang tepat dan efektif sebagai tindakan antisipatif untuk membangun generasi islam yang qurani. Ditengah banyaknya lembaga tahfiz di Bukittinggi, maka InTab hadir sebagai lembaga tahfizh pertama yang fokus mendidik calon guru tahfiz.

“Untuk suksesnya kegiatan seminar ini, kami sangat mengharapkan dukungan dan bantuan dari semua pihak. Semoga kegiatan seminar dan workshop pendidikan guru tahfizh ini bermanfaat bagi kita semua, pihak mewujudkan generasi yang qurani dan Bukittinggi yang religi,” jelas Musir.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top