Bukittinggi

Api Berhasil Dipadamkan, Wako : Sarana Damkar Akan Ditingkatkan

Bukittinggi, KABA12.com — Sebanyak 13 unit pemadam kebakaran akhirnya berhasil memadamkan api yang menghanguskan empat unit ruko di kawasan Bypass Bukittinggi, Selasa (20/08) malam.

Banyaknya bahan yang mudah dilahap si jago merah, membuat api cepat menyebar dan membara selama lebih kurang tiga jam.

Lihat juga: Empat Ruko Terbakar Kobaran Api Sulit Dipadamkan

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, bersama Wakil Walikota didampingi Sekda dan sejumlah Kepala OPD, langsung meninjau lokasi kebakraran dan memberikan beberap instruksi untuk penyelamatan dan juga proses pemadaman.

“Kami turut prihatin atas musibah ini. Ini menjadi pelajaran bagi kita semua, agar lebih waspada terhadap apapun yang bisa menyebabkan kebakaran,” ungkap Ramlan.

Lebih lanjut, Wako juga langsung mengevaluasi fasilitas yang dimiliki pemadam kebakaran Bukittinggi.

Ramlan menilai, harus ada penambahan unit damkar yang memiliki tangga untuk menjangkau api di bagian ketinggian.

“Tahun 2020 harus ada sarana yang memadai untuk bisa memudahkan petugas dalam memadamkan api yang berada di ketinggian seperti ruko ini. Kita akan upayakan segera sebagai langkah antisipatif kedepan. Untuk asal usul api, kita serahkan ke pihak kepolisian. Termasuk kerugian masih dikalkulasikan oleh pemilik,” ujar Wako.

Lebih lanjut, Ramlan juga menghimbau kepada seluruh warga, untuk tetap waspada. Selain itu, untuk sistem pengamanan ke dalam ruangan jangn sampai menyulitkan proses pemadaman.

“Tadi kami lihat barang yang ada di dalam ruko, ada yang mengandung gas, seperti, obat pengusir nyamuk, pengharum ruangan dan lainnya. Itu yang memicu adanya ledakan tadi. Namun, jendela juga ditutup.mati dan diberi teralis besi. Ini yang menyulitkan petugas tadi,” himbau Wako.

Saat ini proses pendinginan masih berlanjut, 13 unit pemadam dari Bukittinggi, Agam, Padang Panjang dan Tanah Datar terus menyiram lokasi.

Selain itu, proses pemadaman juga dibantu mobil PDAM mobil lift PU serta bantuan dari Kepolisian Resor Bukittinggi, Tagana, PMI, Satpol PP, BRT, Basarnas, Dishub, BPBD, tim Rescue IAIN Bukittinggi dan warga sekitar.

Penyebab kebakaran ini, masih didalami oleh Polres Bukittinggi. Sedangkan satu korban luka bakar dan satu petugas damkar yang jatuh saat pemadaman, telah dilarikan ke Rumah Sakit. Selain empat unit ruko, terdapat satu unit mobil box yang ikut terbakar dalam kejadian ini.

Lihat juga: Api Masih Membara, Satu Karyawan Alami Luka Bakar


(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

To Top