Kaba Terkini

Nagari Persiapan Durian Kapeh Darussalam Bangun Kantor

Durian Kapeh, KABA12.com — Nagari Persiapan Durian Kapeh Darussalam Kecamatan Tanjung Mutiara, membangun kantor baru untuk persiapan sebagai nagari definitif.

Peletakan batu pertama dilakukan oleh Bupati Agam melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari, Teddy Martha, Senin (19/8).

“Dari 16 nagari persiapan, Nagari Persiapan Durian Kapeh Darussalam yang pertama membuat kantor wali nagarinya.’’ katanya.

Baca Juga:  Dipimpin Bupati-Kapolres Agam Gelar Penyemprotan Massal

Dari jumlah itu belum ada nagari persiapan yang memenuhi persyaratan diajukan ke Kementerian Dalam Negeri untuk mendapatkan kode register sebagai persyaratan nagari definitif.

Menurutnya, dari seluruh nagari persiapan itu mayoritas proses tahapan persyaratan menjadi nagari definitif seperti menyiapkan fasilitas dasar penduduk nagari, penataan bidang kependudukan sudah rampung.

Baca Juga:  DPRD Minta KPU Agam Prioritaskan Prokes Saat Pilkada

Namun, syarat terpenting dalam menentukan pemekaran nagari yaitu peta batas nagari induk dan batas nagari persiapan belum dibuat.

Jika persyaratan itu telah terpenuhi, pihaknya nanti akan menyiapkan draft Ranperdanya sehingga nanti bisa dilaporkan ke Kemendagri untuk bisa dijadikan sebagai nagari definitif.

Teddy mengapresiasi masyarakat Nagari Persiapan Durian Kapeh Darussalam dalam mendukung pembangunan nagari, sehingga menjadi yang pertama dalam membuat kantor wali nagari.

Baca Juga:  Komisi III DPRD Agam Kunjungi  Labor LHKP

Dalam kesempatan itu, turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Agam, Marga Indra Putra, tokoh masyarakat Brigjen (purn) TNI Dt. Rangkayo Bungsu, Camat Tanjung Mutiara Yogi Astarian dan Wali Nagari Tiku Utara Amris.

(Virgo/*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top