Kaba Pemko Bukittinggi

Jambore Cabang Penggalang SD Tahun 2019 Dimulai

Bukittinggi, KABA12.com — Jambore Cabang Penggalang SD Tahun 2019 tingkat Kota Bukittinggi dimulai. Kegiatan berlangsung dari hari Minggu sampai dengan Jumat tanggal 28 Juli sampai 2 Agustus 2019 di SKB Panorama Baru. Ketua Kwartir Cabang XIII Gerakan Pramuka Kota Bukittinggi Yuen Karnova yang langsung membuka acara, Senin (29/07).

Ketua Kwartir Cabang XIII Gerakan Pramuka Kota Bukittinggi, Yuen Karnova, menyampaikan, gerakan pramuka tetap relevan dengan perkembangan zaman. Walaupun era globalisasi penuh dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi manusia tetap merupakan faktor penentu yang paling utama. “Untuk itulah kita ingin membangun manusia yang memiliki karakter serta membangun bangsa yang memiliki watak yang kuat,” ujarnya.

Baca Juga:  Cek Sejumlah Pembangunan. Wako Instruksikan Kontruksi Berbahaya Dibongkar

Yuen melanjutkan, pramuka bukan hanya membangun manusia atau pemuda cerdas yang menguasai ilmu pengetahuan, akan tetapi juga pemuda yang tangguh kepribadiannya, luhur budi pekertinya, hidup dalam kerukunan, kompak serta selalu bersatu. Karena pemuda demikianlah yang akan sanggup menghadapi tantangan globalisasi, sanggup menghadapi berbagai persoalan serta sanggup untuk menatap masa depan dengan lebih baik.

Menurut Yuen, menciptakan suasana yang indah, saling menghargai, saling menghormati, menghimpun ilmu dan pengalaman bagi anggota Gerakan Pramuka secara dini, sudah ditanamkan baik melalui kegiatan latihan berkala disatuannya maupun didalam kegiatan Pramuka.

Baca Juga:  Pemkab Agam Gelar Diskusi Publik RKPD 2019

“Kami berharap semoga kegiatan Jambore Cabang Penggalang Tahun 2019 ini dapat mendorong perkembangan dan kemandirian Gerakan Pramuka untuk mempercepat keberhasilan dalam upaya pembentukan karakter kaum muda yang lebih baik, serta sebagai calon pemimpin bangsa yang lebih handal pada masa depan,” harapnya.

Panitia Pelaksana, Edianto, melaporkan, Jambore Cabang Penggalang Tahun 2019 bertujuan untuk membentuk watak, meningkatkan sikap kemandirian, keterampilan, persatuan dan kesatuan Pramuka Penggalang, serta komitmen terhadap Penghayatan dan Pengamalan Kode Kehormatan yaitu Trisatya dan Dasadarma.

Baca Juga:  Forkopimca Matur Gencarkan Penerapan Prokes di Pasar-Pasar

Peserta berasal dari Pramuka Penggalang SD utusan Gugus se Kota Bukittinggi berjumlah + 260 orang. Gugus yang mengikuti kegiatan yaitu Gugus 1, 2, 3, 4 Guguk Panjang, Gugus 5,6,7,8 Mandiangin Koto Selayan dan Gugus 9 dan 10 Aur Birugo Tigo Baleh.

Mulai kegiatan tahun 2019, Kwartir Cabang tidak lagi menggunakan air mineral kemasan.
Peserta disarankan membawa botol minuman pribadi dan disediakan air gallon yang higienis.

Hal itu sebagai salah satu program membantu Pemerintah untuk mengurangi sampah plastik di Kota Bukittinggi.
(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top