Agam

Semarak Bajamba Meriahkan 26 Tahun Ibukota Agam

Lubukbasung, kaba12.com — Semarak ” bajamba” tetap meriahkan peringatan 26 tahun kepindahan ibukota kabupaten Agam ke Lubukbasung di kantor Bupati Agam, Jumat,(19/7).

Jamba yang diusung para bundo kanduang dari berbagai lembaga yang ada dalam masyarakat Lubukbasung, diarak usai pelaksanaan upacara peringatan yang dipimpin Bupati Agam H.Indra Catri itu.

Ratusan jamba diarak diiringi tambua tansa dari kantor Bappeda Agam melintasi podium utama upacara di kantor bupati, menuju rumah Dinas Bupati Agam, diikuti Bupati Agam dan unsur Forkopimda Agam serta para tokoh ninik mamak dan pelaku sejarah kepindahan ibukota kabupaten Agam ke Lubukbasung.

Arak-arakan ratusan jamba menambah kemeriahan suasana peringatan haro bersejarah di kabupaten Agam tersebut, bahkan kediaman resmi bupati Agam penuh sesak oleh ratusan warga Lubukbasung yang bersuka cita dengan moment tersebut.

Baca Juga:  SMKN 2 Lubukbasung Gelar Workshop Teaching Factory Bagi Siswa & Guru

Arak-arakan jamba yang langsung dihidangkan sebagai menu makan siang bersama di kediaman bupati, dengan prosesi makan bajamba diikuti Bupati Agam H. Indra Catri, Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria, Kapolres Agam AKBP. Feri Suwandi, Dandim 0304 Agam dan unsur Forkopimda Agam lainnya, bersama para ninik mamak dan bundo kanduang se- kecamatan Lubukbasung.

Prosesi makan bajamba yang diawali dengan pasambahan adat itu, menjadi agenda rutin dalam rangkaian peringatan kepindahan ibukota kabupaten Agam ke Lubukbasung.

Baca Juga:  Danau Maninjau Makan Korban-Tak Bisa Berenang Abdi Rahman Tewas Tenggelam

” Alhamdulillah, partisipasi masyarakat sangat tinggi, prosesi makan bajamba semarak dan upacara berlangsung khitmad,” sebut Sekab.Agam Martias Wanto Dt Maruhun.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top