Agam

Bupati Indra Catri Lepas 367 Calon Jamaah Haji Agam

Baso, kaba12.com — Bupati Agam H.Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah, lepas jamaah calon haji kabupaten Agam, Rabu,( 3/7) di Aula IPDN Baso.

Pelepasan secara resmi calon jemaah haji Kabupaten Agam untuk musim haji 1440 H dihadiri Forkopimda Agam, Kepala IPDN, Sekda Agam, para kepala OPD, Kepala Kamenag Agam, Ketua IPHI Kab Agam serta seluruh calon jamaah haji didampingi anggota keluarga.

Pelepasan ini ditandai dengan penyerahan bendera, penyerahan perangkat rombongan secara simbolis.

Kepala Kantor Agama Kabupaten Agam, Edi Oktaviandi, menyebutkan calon jamaah haji Agam tergabung dalam Kloter 3 Sumbar direncanakan akan meninggalkan tanah air menuju Tanah Suci pada Selasa,( 9/7) jam 10.00 WIB menggunakan maskapai Garuda, sehari sebelumnya, Senin,(8/7) seluruh CJH akan memasuki Embarkasi Haji Padang.

Dijelaskan, jumlah CJH Agam untuk musim haji 1440 H berjumlah 367 org dengan rincian 123 CHJ laki-laki dan 244 CHJ wanita, dengan calon jamaah tertua berumur 88 tahun atas nama Amnar dari Kecamatan Sungai Puar dan calon jamaah termuda berumur 22 th atas nama Muthia Zulfa dari Kecamatan Kamang Magek.

Baca Juga:  Camat Tanjung Raya Apresiasi Goro Massal di Nagari Duo Koto

Selama berada di Tanah Suci Makkah calon jemaah haji akan didampingi oleh petugas-petugas haji yang telah ditetapkan oleh Kementerian Agama, yaitu Tenaga Pembimbing Ibadah Haji ( TPIH ) berjumlah 2 orang dan Tenaga Kesehatan Haji ( TKHI ) berjumlah 2 orang, dimana pelepasan calon jamaah haji sampai ke Embarkasi Haji Padang sepenuhnya difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten Agam.

Baca Juga:  Update Covid-19 di Agam, Hari Ini Nol Kasus-Angka Sembuh Capai 90,73 Persen

Sementara Bupati Agam Indra Catri dalam sambutannya menyebutkan, fasilitas ibadah haji hanya diberikan untuk umat Nabi Muhammad SAW, makin banyak umat yang melaksanakan ibadah haji maka siar agama Islam akan semakin baik dan akhlakulkharimah semakin terbina ditengah masyarakat

“Dengan banyaknya masyarakat Agam yang menunaikan ibadah haji setiap tahunnya maka Nagari Madani yang selalu disyiarkan masyarakat bisa terwujud,” ujarnya.

Baca Juga:  Ketua Harian GTP2 Covid19 Minta Seluruh Posko Optimal

Bupati juga berpesan kepada CJH agar menjaga kesehatan, meluruskan niat kembali dan saling bermaafan dengan sesama keluarga termasuk tetangga. Perbanyak ilmu tentang ibadah, kendalikan keinginan yang dapat mengganggu kekhusyukan dalam beribadah dan semoga menjadi haji yang mabrur.

” Selalu jaga kesehatan, bagi waktu dengan baik selama di tanah suci dan jadikan perjalanan ibadah ini bermanfaat bagi orang lain,” harapnya.

Ditegaskan Indra Catri, Pemkab Agam memfasilitasi sepenuhnya pelepasan CJH sampai ke Embarkasi Haji Padang dan pemulangan Jemaah Haji dari Embarkasi Padang kembali ke Kabupaten Agam.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top