Bukittinggi

Ngarai Koto Barangai Potensi Wisata Belum Terkelola

Bukittinggi, KABA12.com — Kota Bukittinggi memang dikenal sebagai kota wisata. Berbagai pesona alam, anugerah Allah SWT, terbentang di sejumlah titik kota Bukittinggi. Seperti, Ngarai Sianok, Taman Panorama, Jam Gadang, Benteng Fort de Kock, dan Kebun Binatang TMSBK.

Beberapa objek wisata itu, memang telah mendunia dan menjadi tujuan destinasi para pelancong, dari dalam maupun luar kota.

Namun, tidak hanya itu saja objek wisata yang ada di Bukittinggi. Karena ada beberapa titik lainnya, ternyata memiliki potensi luar biasa, bisa menjadi icon baru kota Bukittinggi, namun belum terkelola dengan maksimal.

Baca Juga:  Atasi Torino, Juventus Ke Semifinal

Salah satunya, Ngarai Koto Barangai, di kelurahan Bukik Apik, kecamatan Guguak Panjang, Bukittinggi.

Di lokasi ini, pengunjung dapat memanjakan mata untuk melihat aliran sungai atau batang air tang ada di Ngarai Sianok dari ketinggian, panorama hamparan sawah dan juga kokohnya Tabiang Takuruang yang juga menjadi fenomenal dikalangan pariwisata Bukittinggi.

Tokoh masyarakat Bukik Apik, M. Syukri, yang juga Ketua Pokja Kelurahan Sehat Bukik Apik, menjelaskan, Ngarai Koto Barangai diprediksi dapat menjadi salah satu pariwisata unggulan di Bukik Apik, selain dari Janjang Saribu. Dimana memang, ada beberapa kawasan objek wisata yang ada di Bukik Apik dan dapat dipadukan dengan wisata kuliner kopi Bukik Apik.

Baca Juga:  Pengurus Masjid Hidayah Gumala Beri Rp 15 Juta Santunan Untuk 32 Anak Yatim

“Kami melihat, Ngarai Koto Barangai memiliki potensi luar biasa. Untuk itu, butuh kerjasama seluruh pihak, terutama bantuan pemerintah, agar lokasi ini dapat dibersihkan dan dikelola dengan baik nantinya,” ujar tokoh yang pernah menjadi anggota DPRD periode 2009-2014 lalu.

M. Syukri juga mengakui, kelompok kerja kelurahan sehat yang ia pimpin, juga tengah mengumpulkan sekitar 40 pemuda Bukik Apik yang cinta dengan kepariwisataan. Mereka nantinya akan diberi pelatihan, bekerjasama dengan Disparpora untuk mengelola objek wisata di Bukik Apik.

Baca Juga:  Agam Catatkan Kenaikan Signifikan - 42 Warga Positif Covid-19, 2 Warga Diisolasi di RSUD Lubukbasung

“Termasuk nantinya di Ngarai Koto Barangai ini. Panorama yang indah di lokasi itu, tentunya akan dapat dikolabirasikan dengan sentuhan seteguk kopi asli Bukik Apik yang melegenda,” ujarnya.

Saat ini memang lokasi itu, dipenuhi semak yang cukup tinggi. Namun akses jalan menuju Ngrai Koto Barangai, sudah dicor dan dapat dilalui kendaraan roda dua dan roda empat.

“Tinggal dinas terkait untuk menjadikan lokasi ini, menjadi lokasi yang bersih, nyaman, aman dan disulap menjadi objek wisata yang sehat serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar,” tutupnya.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top