Agam

Pasca Lebaran Nama Calon Bupati Mengapung

Lubukbasung, kaba12.com — Pasca lebaran dan dimulainya aktivitas kerja pekan ini, isu politik justru semakin menghangat di kabupaten Agam.

Pasalnya, pasca pemilu serentak April 2019 lalu, dan penetapan susunan anggota DPRD Agam periode 2019-2024, isu justru beralih pada proses pemilihan bupati-wakil bupati Agam periode 2021-2026 yang tahapannya sudah akan dimulai tahun ini.

Bahkan, perbincangan masyarakat justru sudah mengarah pada sosok yang akan menjadi bupati baru, pengganti H.Indracatri yang disebut-sebut juga akan diusung sebagai calon gubernur Sumbar periode 2021-2026 mendatang.

Beberapa nama yang kini hangat diperbincangkan terutama Trinda Farhan Satria, wakil bupati Agam saat ini, Marga Indra Putra, ketua DPRD Agam saat ini, Novi Irwan, ketua DPC Gerindra Agam, Martiaswanto Dt.Maruhun, Sekab.Agam saat ini, H.Isman Imran, kepala Distan Agam, Edi Busti, kepala Satpol PP Pasaman Barat, putra Manggopoh, Teddy Martha, kepala DPMN Agam, Beny Gusandi, pengusaha asal Lubukbasung di Pekanbaru, dan beberapa nama lain, yang disebutkan siap di posisi bupati atau wakil bupati Agam mendatang.

Yang menarik, bahkan sudah mendeklarasikan diri secara kasat mata sebagai pasangan calon bupati -wakil bupati Agam mendatang adalah Andri Warman, ketua DPD PAN Agam yang terpilih sebagai anggota DPRD Sumbar berpasangan dengan Irwan Fikri, caleg partai demokrat yang gagal mendapatkan kursi di DPRD Sumbar dalam pemilu April 2019 lalu.

Hal itu dibuktikan dengan dipajangnya baliho pasangan Andri Warman dan Irwan Fikri saat menyambut hari raya Idul Fitri lalu di berbagai tempat di kabupaten Agam.

Menurut beberapa pengamat, pasangan Andriwarman-Irwan Fikri hampir dipastikan diusung koalisi partai PAN dan Demokrat, sesuai latar belakang kontestasi politik keduanya dalam pemilu lalu, karena, jika dihitung dari jumlah kursi, baik PAN maupun demokrat tidak bisa mengusung calon secara mandiri dalam pilkada mendatang.

” Kita lihat perkembangan nantilah, politik ini dinamis, kita ikuti saja dulu, ” sebut Marga Indra Putra, ketua DPRD Agam saat diskusi dengan kaba12.com terkait namanya disebut-sebut sebagai kandidat bupati Agam mendatang.

Marga Indra Putra menyebut pihaknya akan selalu melihat perkembangan politik, dan hal itu sama sekali belum dibahas di internal partai,” kita lihat iramanya dulu,” sebut ketua DPRD Agam saat Ramadhan lalu.

Beberapa sumber kaba12.com, pilkada Agam mendatang diyakini bakal “seru” karena yang akan muncul justru tokoh-tokoh baru, dan tidak ada incumbent yang akan maju, kecuali wakil bupati Agam sekarang dan sekretaris daerah Agam Martiaswanto Dt.Maruhin ikut berkompetisi, karena nama-nama lain yang mengapung merupakan muka baru walau stok lama.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top