Kaba Pemko Bukittinggi

RRI Bukittinggi Gelar PTQ Emas

Bukittinggi, KABA12.com — Radio Republik Indonesia (RRI) Bukittinggi kembali mengadakan Pekan Tilawatil Qur’an (PTQ) Ramadhan 1440 H, Selasa (07/05) bertepatan dengan 2 Ramadhan 1440 Hijriyah. Kegiatan yang bertujuan untuk menjaring qori dan qori’ah terbaik yang nantinya bakal diutus dapat menjadi wakil di tingkat nasional ini, dibuka siang tadi secara langsung oleh Walikota Bukittinggi, di Aula RRI.

Kepala Stasiun RRI Bukittinggi, Lina Rossini, menuturkan, babak seleksi Pekan Tilawatil Quran (PTQ) ke 50 atau PTQ emas, berlangsung dari tanggal 7 hingga 8 mei 2019, dengan memperlombakan tiga cabang, yakni Tilawah, Tausiyah, dan Tahfidz, khusus cabang dilawah babak finalnya akan dilaksanakan pada Sabtu,(11/5)

“PTQ ini merupakan agenda tahunan yang selalu dilaksanakan dalam bulan Ramadhan, dan juga digelar pada seluruh stasiun RRI se Indonesia, dan pemenang tilawah dewasa putra dan putri nanti akan mengikuti PTQ tingkat nasional, yang akan berlangsung di Islamic Centre Lombok Mataram Provinis Nusa Tenggara Barat, mulai tanggal 17 hingga 24 Mei 2019 mendatang,” jelasnya.

Menurut Lina Rossini, PTQ ini bertujuan untuk membentuk karakter pemuda dan pemudi mulai sejak dini. Dimana kajian ilmu agama itu sangat dibutuhkan dalam berkehidupan masyarakat. Serta ini juga menjadi ajang menciptakan bibit baru pembaca Al-Quran yang mampu bersaing hingga ke tingkat nasional.

“Penyelenggaraan kegiatan PTQ itu sebagai wujud keikutsertaan RRI Bukittinggi dalam mensyiarkan agama Islam, disamping kegiatan Islami lainnya yang sudah sering dilakukan selama ini, dan ditargetkan para pemenang yang terpilih nantinya, dapat meraih prestasi yang membanggakan pada PTQ RRI tingkat nasional,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Walikota Bukitinggi Ramlan Nurmatias mengapresiasi LPP RRI yang selalu mengadakan kegiatan PTQ setiap tahun. Bahkan tahun ini pelaksanaannya dilakukan di awal Ramadhan. Pemerintah daerah sangat mendukung kegiatan ini, karena RRI Bukittinggi telah turut menjaring qori dan qori’ah yang dipersiapkan untuk mengikuti perlombaan di tingkat nasional.

“Dengan PTQ ini diharapkan muncul qori dan qori’ah yang dapat mengharumkan nama Bukittinggi sendiri untuk diutus RRI ke tingkat nasional. Bahkan nantinya juga dapat menjadi bibit bagi Kota Bukittinggi untuk menghadapi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) di tingkat Provinsi Sumatera Barat, dan juga nasional,” terangnya.

Menurut Ramlan, ajang PTQ ini juga sesuai dengan visi misi daerah dalam bidang keagamaan. Dengan kegiatan seperti ini, tentu dapat lebih mensyiarkan agama Islam secara benar dan kedepan Pemko Bukittinggi juga mendorong seluruh Masjid dan Mushalla untuk lebih memaksimalkan kegiatan keagamaan selama Ramadhan.

“Dilihat dari penyelenggaraan, pada tahun ini RRI Bukittinggi melaksanakannya sudah lebih baik dari tahun sebelumnya, terbukti dengan meningkatnya minat generasi muda untuk mengikuti PTQ, yang terbagi pada tiga cabang yakni Tilawah, Tausiah, dan Tahfidz. Kita berharap, suatu saat PTQ RRI Tingkat nasional dapat diselenggarakan di Kota Bukittinggi,” jelasnya.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top