Kaba Terkini

“Ngabuburit” Ala Ampek Angkek Punguti Sampah di Batang Katiak

Biaro Gadang, kaba12.com — Beragam cara dilakukan masyarakat untuk menghabiskan waktu menjelang waktu berbuka puasa tiba.

Banyak yang sengaja berjalan-jalan sampai cuci mata bersama keluarga ke berbagai lokasi penjualan beragam jenis pabukoan, sekedar raun-raun sore, bahkan banyak juga yang memanfaatkan waktu dengan bersantai.

Namun,beda di Ampek Angkek, memanfaatkan waktu menjelang berbuka puasa, para ASN dibawah komando camat Hidayatul Taufik, sengaja menghabiskan waktu di kawasan Batang katiak Nagari Biaro Gadang.

Camat Hidayatul Taufik bersama personilnya sengaja menghabiskan waktu untuk bergoro bersama di lokasi yang dikenal sangat nyaman dan indah itu.

Hidayatul Taufik kepada kaba12.com menyebutkan, lokasi ini menjadi tempat “terindah” bagi tangan tangan yang tidak bertanggungjawab untuk membuang sampah sembarangan.

Disebutkan, berbagai macam bentuk himbauan dari pemerintahan nagari dan kecamatan tidak mangkus untuk membuat jera mereka yang suka buang sampah sembarangan.

Padahal tempat tersebut memiliki pesona tersendiri bagi pengguna jalan dan siapapun yang melewati jalan tersebut untuk menikmati keindahan pemandangan sawah dengan angin sepoi dan pohon nya yang rindang, ” tapi kenikmatan tersebut ternodai oleh aroma sampah yang sangat mengganggu,” sebut Camat Ampek Angkek.

Camat Hidayatul Taufik, Senin, (6/5) mengajak karyawan dan karyawatinya serta masyarakat setempat untuk memperbanyak pahala dengan goro memungut sampah yang terkadang sudah beraroma sangat tidak sedap, namun mereka begitu ikhlas sambil “malengahan puaso” alias ngabuburit setelah jam kantor habis.

“Jalan sepanjang Batang Katiak ini merupakan jalur padat dengan pengendara dari berbagai daerah, saya sebagai kepala kecamatan merasa malu karena sampah ini bertebaran disepanjang jalan, kami sudah menghimbau masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, karena untuk pengelolaan sampah sudah ada pihak ketiga yang menjemput ke rumah warga” sebut Hidayat.

“Dan saya berterima kasih sekali kepada teman-teman kantor Camat, meski mereka sedang menahan lapar dan dahaga, namu masih ikhlas untuk berpeluh-peluh memungut sampah, yang terkadang aromanya membuat perut mereka ‘takumbok’, saya tidak bisa menemukan kata kata bagaimana harus berterima kasih pada mereka, semoga Allah melipatgandakan pahala puasa mereka” ujar Hidayat menambahkan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top