Kaba Terkini

KPU Agam Mulai Gelar Pleno Rekapitulasi Tingkat Kabupaten

Lubukbasung, KABA12.com — Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Agam, mulai menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara dan penetapan hasil Pemilu 2019 tingkat kabupaten, di aula utama kantor Bupati di Lubukbasung, Kamis (02/05).

Ketua KPU Agam, Riko Antoni saat membuka rapat pleno terbuka itu mengatakan pelaksanaan pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu, berdasarkan Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan Peraturan KPU nomor 10 Tahapan Penyelenggaraan Pemilihan Umum.

Ia menyatakan, meskipun sampai sekarang ini masih ada satu PPK di Kecamatan Lubukbasung yang belum menyelesaikan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu, namun pihaknya mulai melaksanakan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu dari sebanyak 16 PPK yang telah menyelesaikan rapat pleno tingkat kecamatan.

“Selama tiga hari kedepan akan dilaksanakan rapat pleno terbuka penghitungan suara dari seluruh PPK yang ada di Kabupaten Agam. Kita berharap semua saksi partai politik dan calon legislatif mentaati tatib rapat pleno,” katanya.

Disebutkan, sejak 22 bulan tahapan Pemilu dimulai sebelum hari H pesta demokrasi pada 17 April lalu dilakukan, hingga rekapitulasi di 16 PPK seluruh proses pelaksanaan berjalan lancar dan aman. Akan tetapi, juga terselip duka yang mendalam dengan meninggalnya satu orang KPPS di TPS 13 Lambah Ampekangkek pasca rekapitulasi penghitungan suara di kecamatan, serta 17 orang penyelenggaraan yang dilaporkan sakit dan masih ada dirawat di Rumah Sakit.

“Kami KPU Agam turut berduka yang mendalam dan mengucapkan terimakasih sebesarnya kepada petugas dan seluruh aparatur yang telah ikut mengawal jalannnya pesta demokrasi di Kabupaten Agam. Ada sekitar 15.204 petugas yang terlibat kami ucapkan terimakasih,” ungkap Ketua KPU Agam.

Hal senada juga diungkapkan Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Agam, Martias Wanto kepada seluruh unsur yang terlibat dalam pelaksanaan Pemilu serentak 2019 di Kabupaten Agam.

Sekda juga mengapresiasi seluruh masyarakat Kabupaten Agam, atas partisipasi dalam Pemilihan Umum 17 April 2019. Dari data sementara, partisipasi masyarakat kita ikut pemilihan dilaporkan meningkat sekitar 9 hingga 10% dari tahun sebelumnya.

“Hitungan sementara kita, terjadi peningkatan untuk partisipasi pemilih. Dari 63% pada Pemilu sebelumnya, Alhamdulillah tahun ini berkisar 72-73%. Hal ini berarti kesadaran berdemokrasi masyarakat sudah meningkat. Tidak lama lagi, kita akan peroleh hasil suara untuk kelima pemilihan di Kabupaten Agam, semoga rapat pleno rekapitulasi tingkat kabupaten berjalan aman dan lancar,” harap Sekda.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top