Kaba Terkini

Empat Kategori Pemenang APN 2019 Wakili Agam Ketingkat Provinsi

Lubukbasung, KABA12.com — Setelah melewati penilaian pada Maret lalu, empat pemuncak pada masing-masing kategori penilaian Adhikarya Pangan Nusantara tahun 2019 tingkat Kabupaten Agam menerima penghargaan secara langsung dari Bupati Agam Indra Catri, Kamis (02/05).

Itu artinya, keempat pemenang yang terdiri dari kategori pembina ketahanan pangan, pelayanan ketahanan pangan, pelaku pembangunan ketahanan pangan dan pelopor ketahanan pangan akan mewakili Agam ke tingkat Provinsi Sumatera Barat pada penilaian selanjutnya.

“Para pemenang dari keempat kategori Adhikarya Pangan Nusantara tahun 2019 ini akan mewakili Agam nantiya ke tingkat Provinsi Sumbar pada Oktober mendatang, dan kita berharap para pemenang ini akan lanjut sampai ketingkat nasional nantinya,” ujar Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Agam, Ermanto usai penyerahan penghargaan di halaman kantor bupati di Lubukbasung.

Ermanto merincikan, untuk kategori pembina ketahanan pangan peringkat I diraih Walinagari Manggopoh Kecamatan Lubukbasung Ridwan, peringkat II Walinagari Batutaba Kecamatan Ampekangkek Zulhadia dan peringkat III Walinagari Malalak Selatan Kecamatan Malalak Amir Koto.

Selanjutnya, kategori pelayanan ketahanan pangan peringkat I diraih Edly Hardi dari Kecamatan Tanjungraya, peringkat II Suswati dari Kecamatan Banuhampu dan peringkat III Deswita dari Kecamatan Lubukbasung. Kemudian, untuk kategori pelaku pembangunan ketahanan pangan kegiatan pengembangan diraih kelompok Riak Manapi dari Kecamatan Tanjungraya dan Peringkat II kelompok Andaleh Saiyo Kecamatan Matur.

Sedangkan untuk kategori pelopor ketahanan pangan peringkat I diraih petani daun bawang dari Sungaipua, Hery Supriyatna, peringkat II Irwandi Chaniago Kecamatan Lubukbasung dan peringkat III Azmal Kecamatan Banuhampu. “Masing-masing pemenang mendapatkan piagam penghargaan dan trophy serta uang tunai masing-masing Rp. 2 juta untuk juara I, Rp. 1,5 juta untuk juara II dan Rp. 1 juta untuk juara III,” jelas Ermanto.

Sementara itu, Walinagari Manggopoh Ridwan yang keluar sebagai juara I pembina ketahanan pangan mengaku bangga atas prestasi yang diraihnya itu. Dirinya berkomitmen akan terus mendorong setiap kelompok tani, KWT, KUBE untuk terus berkembang dan tetap konsisten mensosialisasikan tentang upaya ketahan pangan di Nagari Manggopoh.

“Selama ini kami di Nagari Manggopoh aktif mendorong setiap kelompok tani baru itu KWT, KUBE dan lainnya untuk terus berkembang, dan aktif dalam mensosiliasasikan gemarikan dan upaya peningkatan ketahanan pangan seperti jagung, kelapa dan lainnya kepada masyarakat. Terimakasih atas penghargaanya, semoga kami bisa mewakili Agam ke tingkat yang lebih tinggi lagi nantinya,” harap Ridwan.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top