Kaba Terkini

Wujudkan Kabupaten Sadar Adminduk, Agam Launching GISA & KIA Besok

Lubukbasung, KABA12.com — Pemerintah Daerah Kabupaten Agam akan launching Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) dan Kartu Identitas Anak (KIA), Kamis, (02/05) besok pagi.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Agam, Misran pada KABA12.com, di ruang kerjanya, Rabu (01/05) mengatakan, pengenalan ke publik untuk kedua program nasional itu digelar di halaman Kantor Bupati di Lubukbasung bersamaan dengan upacara peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXIII dan Hari Pendidikan Nasional tahun 2019.

Dia menjelaskan, puncak akhir dari GISA adalah terwujudnya Kabupaten Agam yang sadar administrasi kependudukan, sehingga terwujud tertib administrasi kependudukan sebagaimana amanat Undang-Undang (UU) Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan.

“Hal ini sebagai tindaklanjut program nasional yang merupakan gerakan untuk membangun ekosistem pemerintahan yang sadar akan pentingnya dokumen kependudukan, data kependudukan, pemutakhiran data dan pentingnya pelayanan yang menyenangkan masyarakat,” ujarnya.

Dalam penerapannya, Disdukcapil Agam akan menerapkan gerakan tersebut pada dua nagari yang akan menjadi percontohan sebagai nagari tertib Dukcapil.

“Ada dua nagari yang diberi kepercayaan, yaitu Nagari Kubangputiah Kecamatan Banuhampu untuk di Agam Timur dan Nagari Manggopoh Kecamatan Lubukbasung untuk Agam bagian Barat. Alasan pemilihannya karena kedua nagari tersebut merupakan daerah yang paling banyak memiliki anak usia 0 hingga 16 tahun. Itu yang akan digarap supaya nagari tersebut tertib Dukcapil dan setelahnya akan menyebar merata di seluruh nagari yang ada di Agam, sehingga terwujudnya Kabupaten Agam yang tertib Dukcapil,” jelas Kadis Dukcapil Agam itu.

Misran menambahkan, untuk launching GISA dan KIA tersebut dijadwalkan, akan dilakukan langsung Bupati Agam Indra Catri yang akan ditandai dengan pelepasan balon udara, sekaligus penyerahan KIA secara simbolis kepada 22 orang anak.

“Target gerakan ini adalah bagaimana sadar masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukannya, sadar aparatur petugas Dukcapil melayani, mempermudah, mempercepat dan menggratriskan layanan adminduk, serta sadar pemerintah untuk menganggarkan pengadaannya melalui APBD dan APBN,” jelasnya.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top