Kaba Terkini

DPMN Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kader Penggerak Nagari Madani

Lubukbasung, KABA12.com — Untuk meningkatkan pemahaman dan menggerakkan partisipasi semua pihak dalam mewujudkan Nagari Madani, Pemerintah Kabupaten Agam melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) menggelar pelatihan peningkatan kapasitas Kader Penggerak Nagari Madani, di Hotel Sakura Syari’ah, Senin (29/04).

Kepala DPMN Agam, Teddy Martha menjelaskan, Kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari, mulai Senin (29/04) hingga Rabu (01/05) diikuti sebanyak 82 peserta yang berasal dari utusan masing-masing nagari, dengan narasumber Dosen Teknik Industri Universitas Andalas (UNAND), Henmaidi dan Sufria Asdel.

“Dalam pelatihan ini, para peserta akan diberikan materi berupa, kebijakan Pemkab Agam dalam pembangunan Nagari Madani, konsep kreteria dan pungukuran Nagari Madani. Kemudian materi teknis assesment dan pemahaman atas instrument pengukuran Nagari Madani dan tugas, fungsi, serta kode etik kader penggerak Nagari Madani,”ujarnya.

Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria mengatakan, pelatihan ini diperlukan untuk memberikan pemahaman yang konkrit tentang nagari madani. Apa tujuannya, bagaimana penerapan serta menggerakan partisipasi semua pihak, dan siapa saja yang terlibat.

“Kegiatan ini juga untuk membangun kemampuan menganalisis informasi dan mendorong partisipasi masyarakat dan stakeholder untuk pengamalan nilai-nilai ke-Islaman yang selaras dengan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK),” ujarnya.

Wabup menambahkan, peran pemerintah nagari dalam mewujudkan Nagari Madani terlihat pada tiga aspek, diantaranya, mengatur masyarakat, dengan menerapkan aturan-aturan yang berlaku agar kehidupan berjalan secara tertib dan baik. Mewujudkan pemerintahan nagari yang kuat, serta memberikan ruang yang lebih kepada tokoh adat serta tokoh agama agar lebih berperan dalam mewujudkan masyarakat madani.

“Saya berharap, kegiatan ini bukan saja membahas tentang tugas-tugas kader penggerak Nagari Madani saja, lebih dari itu, hendaknya dapat melahirkan berbagai inovasi yang direkomendasikan untuk pelaksanaan program Nagari Madani,”harapnya.

(Ardi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top