Kaba Terkini

Pemkab Agam Jamin Pasokan Pangan Selama Ramadhan

Lubukbasung, KABA12.com — Pemerintah Kabupaten Agam menjamin ketersediaan stok pangan menjelang dan selama Ramadhan 1440 H.

Menurut Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Agam, Ermanto, pada Ramadhan tahun sebelumnya, pasokan pangan berhasil dikendalikan.

Stok beras dan pasokan ikan diyakini mencukupi sampai lebaran. Tercatat sebanyak 10 ton sampai 15 ton per hari pasokan ikan tawar disediakan dengan harga relatif stabil. Untuk ikan air tawar masih pada harga normal, yaitu berkisar Rp20.000 sampai Rp22.000 per kilogram sedangkan jenis ikan laut jenis tongkol juga tidak mengalami kenaikan harga, Rp60.000 per kilogram.

Sementara itu, Kabid Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Ade Yusuf Thamrin mengatakan, pasokan bawang dan cabe selama Ramadhan juga dipastikan aman. Produksi padi saat ini sebesar 31 ribu ton lebih dengan luas tanam sekitar 5.857 hektar.

Sedangkan untuk cabe, pemerintah memiliki pasokan produksi sekitar 1.724 ton dengan luas tanam 169 hektare.

Sementara itu, pada komoditi bawang produksi sekitar 360 ton dengan luas tanam 45 hektare.

Untuk ketersediaan daging, Pemkab melalui rumah poton telah menyiapkan pasokan daging sekitar 100 ton lebih sampai lebaran. Adapun harga daging saat ini masih stabil, yaitu, Rp120.000 per kilogram.

(Ardi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

To Top