Bukittinggi

Jelang Ramadhan, Da’i dan Mubaligh Kota Bukittinggi Diberi Pembekalan

Bukittinggi, KABA12.com — Menjelang Ramadhan 1440 Hijriah, himpunan Da’i dan Mubaligh Kota Bukittinggi menggelar pembekalan yang diikuti oleh lebih dari 50 orang Dai dan Mubaligh. Acara yang berlangsung satu hari tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Bukittinggi Irwandi, di Aula Balaikota Gulai Bancah Bukittinggi, Minggu (28/04).

Ketua Himpunan Da’i dan Mubaligh Kota Bukittinggi, YR.Tuanku Majo Kayo, mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda tahunan menjelang masuknya bulan suci Ramadhan dari Himpuan Da’i dan Mubaligh guna mewujudkan Ukhuwah Islamiyah diantara keluarga besar Himpunan Da’i dan Mubaligh. Disamping itu pembekalan ini dilakukan agar para Da’i dan Mubaligh tidak meninggalkan masalah ditengah-tengah umat setelah menyampaikan ceramah di masjid atau mushalla nantinya.

“Pembekalan ini adalah kegiatan tahunan, hal ini dilakukan disamping merajut ukhuwah Islamiyah diantara keluarga besar Himpunan Da’i dan Mubaligh, agar nantinya para Da’i dan Mubaligh tidak meninggalkan masalah. Sebab yang membuat jamaah malas ke Masjid atau Mushalla karena para da’i banyak yang menyalah – nyalahkan , membid’ah-bid’ah kan amalia – amalia yang dilakukan jamaah. Dengan kegiatan ini kita harapkan para dai itu dapat menunjukkan jalan yang lurus, menunjukkan kepada umat bagaimana tentang kehidupan agama dalam rangka menggapai kehidupan yang bahagia didunia dan di akhirat,” ujarnya.

Kakan Kemenag Bukittinggi, yang diwakili oleh Kasi Binmas Islam, Zulfikar menyampaikan, mengapresiasi Himpunan da’i dan mubaligh Bukittinggi. Dengan diadakannya pembekalan ini tentunya para da’i dan mubaligh dalam menyampaikan dakwahnya nantinya memang bisa merobah kondisi umat, dengan memperhatikan tiga rukun dakwa yakni, materi dakwah, metoda dakwah bagaimana kita menyampaikan dan audiens sebagai lokus.

Sementara itu, Wakil Walikota Bukittinggi, Irwandi, menyebutkan, kegiatan pembekalan ini sangatlah penting untuk dilaksanakan. Karena disamping memperdalam ilmu dari narasumber, juga akan dapat menyatukan persepsi serta bagaimana para jamaah betul – betul dapat tersejukkan didalam setiap ceramah yang diberikan.

“Harapan kita adalah bagaimana seluruh masyarakat, para jamaah kita betul – betul tersejukkan dalam setiap ceramah yang disampaikan oleh para da’i dan mubaligh. Untuk itu perlu dilakukan persamaan persepsi dan persamaan argumentasi bagaimana meningkatkan ukhuwah kita di Kota Bukittinggi ini, bagaimana jamaah betul – betul merasa nyaman,” ujar Irwandi.

Disamping itu Wakil Walikota juga menyampaikan, selama Ramadhan 1440 Hijriah nanti, pemko juga akan membantu honor muballigh setiap Masjid dan Mushalla sebagaimana tahun lalu. Sebagai narasumber pembekalan ini menghadirkan Ketua MUI Kota Bukittinggi DR.Aidil Alvin, kemudian DR.Syaiful Amin, M.Ag dan DR.Busyro, M.Ag serta M.Taufik dari IAIN.
(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top