Kaba Pemko Bukittinggi

Minim Saksi, PSU Tetap Kondusif

Bukittinggi, KABA12.com — Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang di TPS 07 Pulai Anak Aia, Sabtu (27/04), sangat minim dari kehadiran saksi. Namun demikian, cukup banyak pengawas TPS dan penyelenggara pemilu lainnya, terus mengawal pelaksanaan satu satunya PSU di kota Bukittinggi ini.

Ketua KPU Bukittinggi, Benny Aziz, menjelaskan, sampai siang ini, pelaksanaan PSU di Pulai Anak Aia berjalan aman dan lancar. Ada 4 jenis surat suara yang akan dicoblos oleh para pemilih, dimana surat suara diberi stempel khusus. “Setiap surat suara yang digunakan dalam PSU ini memang diberi stempel khusus. Ada tanda PSU disana. Sehingga bisa dibedakan nantinya denag surat suara sebelumnya. Terkait partisipasi pemilih, nemang tidak begitu signifikan, namun diharapkan hingga pukul 13.00 WIB nanti, akan banyak warga yang datang dan menggunakan hak pilihnya,” ujar Benny.

Baca Juga:  PT.Djarum Support Khusus, Komunitas Skateboard Agam Makin Eksis

Sementara itu, Ketua Bawaslu Bukittinggi, Ruzi Haryadi, menambahkan, meskipun minim kehadiran saksi, namun pelaksanaan PSU tetap diawasi dan dipantaUK oleh penyelenggara pemilu. “Ada pengawas TPS yang cukup banyak hadir, penyelenggara lainnya pun hadir berkumpul disini, sehingga kita harapkan tidak ada lagi kesalahan dan pelanggaran pemilu dalam PSU ini,” ujarnya.

Baca Juga:  Angin Kencang Picu Pohon Tumbang Hantam Rumah Saltani Apuak di Pasie Tiku

Wakapolres Bukittinggi, Kompol Sumintak, menjelaskan, ada dua TPS yang melaksanakan PSU di wilayah hukum Polres Bukittinggi, TPS 07 di kelurahan Pulai Anak Aia dan TPS 02 nagari Malalak Utara. Pihaknya bersama tim pengamanan lain, Kodim 0304 Agam dan linmas, komitmen untuk menjaga ketat proses PSU. “Untuk di TPS 07 Pulai Anak Aia, ada 10 personil dari Polres, 4 dari Kodim ditambah dari Linmas. Sedangkan di TPS 02 Malalak Utara ada 13 personil yang ditempatkan dipimpin langsung Kapolsek setempat. Kita akan jaga ketat, agar pelaksanaan PSU berjalan kondusif dari awal sampai akhir nantinya,” pungkas Sumintak.

Baca Juga:  Pemkab Agam Benahi Museum Buya Hamka

Hingga pukul 12.00 WIB, dari pantauan KABA12.com di TPS 07 Pulai Anak Aia, partisipasi pemilih menurun dibanding pemilu 17 April lalu. Dari 277 jumlah pemilih, baru sekitar 70 pemilih yang menggunakan hak pilihnya.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top