Kaba DPRD Agam

Paripurna Istimewa Bahas Hasil Pembahasan LKPJ Bupati Agam Tahun 2018

Lubukbasung, KABA12.com — DPRD Agam menggelar rapat paripurna istimewa penyampaian rekomendasi DPRD terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Agam Tahun Anggaran 2018 di ruangan rapat utama DPRD setempat, Jumat (26/04).

Rapat dipimpin Wakil Ketua DPRD Taslim didampingi Wakil Ketua Suharman dihadiri anggota dewan, Wakil Bupati Agam, anggota Forkompinda dan para pejabat lingkungan Pemkab Agam lainnya.

Rapat paripurna diawali dengan pembacaan rekomendasi DPRD oleh juru bicara Syafrudin selaku Ketua Pansus, dia menyampaikan bahwa rekomendasi ini hasil pembahasan pansus setelah melakukan mengkajian terhadap LKPJ Bupati 2018 yang berisikan rekomendasi terhadap kinerja kebijakan pengelolaan keuangan daerah, urusan desentralisasi, tugas pembantuan dan tugas umum pemerintahan. “Besarnya pendapatan tahun anggaran 2018 belum memperlihatkan kemandirian dalam penyelenggaraan pemerintah. Hal ini dikarenakan besaraan anggaran masih sebagaian besar berasal dari anggaran DAU maupun DAK. Untuk itu pemerintah perlu mendorong pemerintah untuk mengkaji kembali formula DAU dan dana perimbangan lainnya,” ujarnya.

Tidak hanya itu, DPRD juga merekomendasikan untuk melakukan pengkajian ulang terkait pendapat daerah. Karena PAD tahun 2018 tercapai 92,96% dari target yang ditetapkan dengan penerimaan pajak 104,05%, sementara penerimaan retribusi hanya 80,02%.

Pansus LKPJ DPRD Agam juga memberikan rekomendasi terhadap sembilan prioritas kinerja pemerintah Kabupaten Agam yang tercantum dalam LKPJ BUpati 2018. Serta memberikan enam catatan penting sebagai rekomendasi, masukan dan evaluasi atas kinerja Bupati Agam selama tahun 2018.

Wakil Ketua DPRD Agam, Taslim menyebutkan, rekomendasi ini bersifat sebagai masukan dan saran kepada pihak eksekutif untuk memperbaiki pencapaian tugas pokok dan fungsi pemerintah dalam membangun Agam. “LKPJ sangat penting untuk kemajuan pemerintah daerah, karena ini menyangkut pada kehidupan masyarakat. Itu sebabnya kenapa rapat paripurna ini dijadikan paripurna istimewa,” ujar Taslim.

Sementara itu, Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria dalam sambutannya atas rekomendasi DPRD menyampaikan bahwa pemda sangat berterima kasih atas catatan-catatan strategis yang disampaikan DPRD dalam bentuk rekomendasi untuk perbaikan kinerja Pemkab Agam ke depan. “Ini sebagai upaya membangun sinergitas antara kepala daerah dengan DPRD,” tukasnya.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top