Kaba DPRD Agam

DPRD Sarankan “Joint Manajemen” Dukung Pengembangan Pariwisata

Lubukbasung, KABA12.com — DPRD Agam mengharapkan bidang pariwisata perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah setempat.

Hal itu dipandang penting dmengingat keinginan kepala daerah Kabupaten Agam untuk menjadikan pariwisata sebagai lokomotif dalam pembangunan di daerah itu.

Hal tersebut disampaikan Syafrudin selaku Ketua Pansus Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Agam Tahun Anggaran 2018, saat menyampaikan rekomendasi hasil pembahasan di ruang rapat utama DPRD Agam di Lubukbasung, Jumat (26/04).

“Menjadikan pariwisata sebagai lokomotif pembangunan harus disertai dengan memanfaatkan seluruh potensi yang kita miliki, karena kita sadari pada umumnya destinasi wisata di Agam dimiliki oleh masyarakat, tanah ulayat. Maka, kedepannya untuk mengembangkan destinasi wisata diperlukan konsep join manajemen,” sebut politisi PKS itu menyampaikan rekomendasi dari Pansus DPRD.

Dia menjelaskan, konsep joint manajemen ini melibatkan seluruh unsur, mulai dari pemerintah daerah, pemerintah nagari, pemilik tanah dan investor.

“Segenap unsur itu perlu duduk bersama untuk mengembangkan sebuah destinasi wisata unggulan,” jelasnya.

Sebelumnya, Bupati Agam Indra Catri dalam diskusi publik penyusunan RKPD 2020 di Lubukbasung, mendorong pihaknya untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi Kabupaten Agam melalui sektor pariwisata.

Hal itu disampaikan Bupati lantaran melihat hasil evaluasi tim terhadap capaian Renja Pemkab Agam tahun 2018 mendapati perkembangan kontribusi sektor Pertanian, kehutanan dan perikanan, serta sektor industri pengolahan cenderung melambat. Pertumbuhan ekonomi pada tahun 2018 berdasarkan data sementara baru sebesar 5,4%, lebih rendah jika dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi tahun 2017 sebelumnya yang mencapai 5,43 persen.

“Oleh sebab itu, kita arahkan kebijakan pembangunan dengan menjadikan pariwisata sebagai lokomotif perekonomian. Kita coba adakan berbagai macam event festival untuk menambah jumlah kunjungan wisatawan ke Agam. Dengan begitu akan mendongkrak dan menumbuhkan sektor lainnya,” ujar Bupati Agam Indra Catri.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top