Kaba Terkini

Bawaslu Agam Proses Laporan Penggiringan Massa Pilih Paslon Saat Pemilu

Lubukbasung, KABA12.com — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Agam, menerima laporan adanya oknum di daerah itu yang diduga melakukan pelanggaran pemilu pada hari pencoblosan hingga pasca pemungutan suara 17 April lalu.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Agam, Divisi Penindakan Pelanggaran, Eri Efendi mengatakan laporan tersebut berasal dari warga Kamangmagek tentang adanya penggiringan massa untuk memilih salah satu pasangan calon.

Tidak hanya itu, Bawaslu juga menerimaa laporan bahwa adanya satu pemilih di Baso yang memiliki surat suara lebih dari satu untuk satu pemilihan. “Ada dua laporan yang kita terima pada pelaksanaan Pemilu 17 April lalu. Kedua laporan ini diajukan Panwascam, pada 19 April 2019 dan ini sedang proses register di Bawaslu,” ungkap Eri pada KABA12.com di Lubukbasung, Selasa (23/04).

Eri menjelaskan, kedua laporan tersebut saat ini tengah didalami dan dikaji panitia pengawas kecamatan. Jika hal tersebut terbukti, dan termasuk pelanggaran pidanan maka akan diregister ke Sentra Gakkumdu di Kabupaten.

Sebelumnya, Bawaslu juga menemukan adanya pelanggaran tentang dugaan kasus money politic yang dilakukan oleh salah seorang Calon Legislatif (Caleg) di daerah Tilatangkamang saat masa tenang. “Ada satu temuan dugaan money politic di Tilatangkamang dan itu masih poses investigasi, kalau itu pidana akan diregisterkan lagi di Sentra Gakkumdu. Temuan itu Caleg tersebut memberikan barang berbentuk uang dan barang lainnnya dalam waktu masa tenang kemaren,” ungkapnya.

Dia menambahkan, untuk proses laporan pelanggaran pemilu dilakukan selama 14 hari kerja. Jika bukti telah cukup, maka akan dilakukan penyidikan oleh pihak kepolisian selama 14 hari. Setelah Polisi menetapkan alat bukti cukup maka akan ada waktu selama lima hari untuk proses penuntutan, selanjutnya, tujuh hari untuk proses persidangan.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top