Kaba Pemko Bukittinggi

Atas Rekomendasi Bawaslu, KPU Bukittinggi Segera PSU di TPS 07 PAA

Bukittinggi, KABA12.com — Persoalan pemilih yang menggunakan KTP namun yang bersangkutan bukan berada di daerah domisili kelurahan Pulai Anak Aia, berbuntut pada Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Keputusan PSU telah melewati pleno KPU hasil dari rekomendasi Bawaslu Bukittinggi. Benny Aziz, Ketua KPU Bukittinggi, menjelaskan, setelah adanya pleno, KPU menetapkan PSU di TPS 07 kelurahan Pulai Anak Aia, kecamatan Mandiangin Koto Selayan.

Sementara itu, untuk surat suara yang akan digunakan nantinya, hanya 4 jenis surat suara. “Yang kita ulang nanti hanya 4 jenis surat suara, karena yang dicoblos oleh pemilih yang menggunakan KTP sebelumnya itu, hanya 4 surat suara, Presiden, DPR RI, DPD dan DPRD Provinsi,” jelas Benny.

Lebih lanjut, Benny Aziz, memaparkan, persoalan ini timbul saat pemungutan suara pada 17 April 2019 lalu. Ketika datang pemilih yang menggunakan KTP, namun tidak berasal atau berdomisili di Pulai Anak Aia. Namun saat kejadian, pengawas TPS memberikan izin dan merekomendasikan kepada KPPS untuk yang bersangkutan diberikan surat suara.

“Ini yang jadi masalah, seharusnya dalam aturannya, yang bukan berdomisili di lokasi itu, harus menggunakan form A5 yang prosesnya sudah berlangsung beberapa minggu sebelum tahap pemungutan suara. Namun karena telah ada rekomendasi dari pengawascam kepada PPK, tentu petugas KPPS kami mengikuti hal tersebut dan memberikan kertas suara secara berbeda dan tidak ada yang lima surat suara, karena bukan berasal dari Bukittinggi,” ungkapnya.

Setelah penghitungan, lanjut Benny, tentu jumlah secara keseluruhan bermasalah. Hal ini masuk ke bawaslu, karena pengawas TPS berada di bawah Bawaslu. Pawascam merekomendasikan kepada PPK, PPK meneruskan ke KPU, selanjutnya KPU menyurati Bawaslu. Selanjutnya keluarlah surat rekomendasi dari Bawaslu untuk mengadakan pemungutan suara ulang.

“Dari rekomendasi itu, komisioner KPU telah melakukan rapat pleno dan menetapkan PSU di TPS 07 Pulai Anak Aia, akan dilaksanakan pada tanggal 27 April, dengan menggunakan 4 jenis surat suara TANPA surat suara pemilihan caleg DPRD Bukittinggi dapil I MKS,” tegasnya.

Surat suara untuk PSU sebanyak 283 buah setiap jenisnya, telah disiapkan oleh KPU Sumatera Barat. Jumlah itu sama persis dengan jumlah pemilih yang terdaftar dalam DPT, DPTb dan DPK di TPS 07 Pulai Anak Aia.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top