Kaba Terkini

10 TPS Di Kabupaten Agam Lakukan Pemungutan Suara Ulang 27 April 2019

Lubukbasung, KABA12.com — Sebanyak 10 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada di enam kecamatan di Kabupaten Agam akan lakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada 27 April 2019 mendatang.

Hal itu ditenggarai lantaran ditemukan adanya pemilih yang tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) serta tidak ber-KTP setempat namun diberi kesempatan untuk memilih oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada hari Pemilu 17 April lalu.

“Pada 10 TPS itu, Panwas nagari menemukan adanya pemilih yang datang menggunakan KTP tapi dia bukan termasuk warga daerah pemilihan atau Kabupaten Agam, dan tanpa menggunakan A5. Para pemilih itu ada yang berasal dari Batam, Jakarta, Riau dll. Jadi hal itulah yang menjadi dasar bagi Panwas untuk merekomendasikan untuk dilakukan PSU,” ujar Ketua Bawaslu Kabupaten Agam Elvys pada KABA12.com di Lubukbasung, Selasa (23/04).

Kemudian, Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Agam, Eri Efendi menambahkan, pelaksanaan pemungutan suara ulang itu telah diatur dalam pasal 372 ayat (2) huruf d UU No.7 tahun 2019 tentang Pemilihan Umum yang menyatakan PSU di TPS wajib diulang apabila hasil penelitian dan pemeriksaan Pengawas TPS terbukti terdapat keadaan Pemilih yang tidak memiliki e-KTP dan tidak terdaftar di DPT dan DPTb.

“Jadi, PSU di 10 TPS ini berdasarkan hasil penelitian dan pengamatan yang dilakukan pengawas TPS,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Agam, Riko Antoni merincikan, Kesepuluh TPS yang akan melaksanakan PSU itu yaitunya, TPS2 yang ada di Malalak Utara, TPS17 yang ada di Tiku Utara, TPS40 di Manggopoh dan TPS91 yang ada di Lubukbasung. Kemudian tiga TPS di Bawan Kecamatan Ampeknagari seperti TPS20, 5, dan 26, serta TPS1 di Batukambiang. Lalu TPS 12 yang ada di Tanjungsani Kecamatan Tanjungraya dan terakhir TPS22 yang berada di Salarehaia Kecamatan Palembayan.

“Pemungutan Suara Ulang akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 27 April 2019. Karena sesuai pasal 66 ayat (2) PKPU No.3 tahun 2019 PSU di TPS dilaksanakan paling lama 10 hari setelah Pemilu yang ditetapkan sebelumnya,” sebutnya.

Lebih lanjut dijelaskan, kesepuluh TPS yang akan melaksanakan PSU nantinya akan melakukan pemungutan suara yang berbeda. Untuk TPS2 yang ada di Malalak Utara akan kembali melakukan kelima pemilihan.

TPS17 di Tiku Utara, TPS91 Lubukbasung dan TPS1 Batukambiang akan memilih Presiden dan Wakil Presiden, DPD dan DPR RI.

Kemudian, TPS40 Lubukbasung, TPS20 dan TPS5 di Bawan akan kembali memilih Presiden dan Wakil Presiden, DPD dan DPR RI, serta DPRD Provinsi.

Sementara, TPS26 di Bawan, TPS12 di Tanjungsani dan TPS22 di Salarehaia Palembayan hanya akan melakukan pemilihan untuk Presiden dan Wakil Presiden saja.

“Jadi yang akan mengikuti PSU nantinya pemilih yang terdaftar dalam DPT dan DPTb di TPS tersebut,” jelasnya.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top