Kaba Terkini

Inovasi 1 Rumah 10 Polibek Dinsos, Agam Untungkan KPM PKH

Lubukbasung, kaba12.com — Gerakan 10 polibek yang digagas Kadinsos Agam Kurniawan Syahputra mendapat apresiasi dari banyak pihaknya khususnya dari anggota KPM PKH di seluruh wilayah kabupaten Agam.

Pasalnya gerakan 10 polibek yang ditanam di tiap rumah warga anggota KPM PKH, kini dirasakan sangat membantu pemenuhan kebutuhan dapur warga khususnya untuk kebutuhan konsumsi harian.

Menurut Novi Mardiana, pendamping KPM PKH kecamatan Palembayan, inovasi 1 rumah 10 polibek tersebut, secara khusus diterapkan pada seluruh anggota KPM PKH Palembayan dan mengaku merasakan manfaat positifnya.

Disebut Novi Mardiana, program memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam tanaman dapur hidup itu, agar anggota KPM PKH bisa meminimalisir pengeluaran keluarga,” awalnya harus beli bumbu dapur buat masak, saat ini mereka sudah bisa memetik sendiri di belakang rumah mereka,” sebut Novi.

Ditambahkan Novi Mardiana, ide Kepala Dinas Sosial Agam Kurniawan Syahputra yang disampaikan kepada seluruh pendamping PKH se kabupaten Agamsaat Rakor Triwulan I tanun 2019, dirasakan pihaknya sangat positif dan hal itu jadi penyemangat dan motivasi kepada seluruh KPM PKH di supaya memiliki tananam dapur hidup di setiap rumah, apalagi program itu diterima dengan baik oleh seluruh KPM PKH termasuk KPM PKH di kecamatan Palembayan,” program ini sangat membantu ” sebutnya.

Bahkan khusus di Palembayan, para anggota KPM PKH sudah merasakan manfaat dari tananam dapur hidup tersebut,” biasanya kalau membuat sayur harus beli saledri atau daun bawang dulu, sekarang kalau memasak tinggal petik,” sebut salah satu anggota KPM di Tapian Kandih.

Sementara menurut Kadinsos Agam Kurniawan Syahputra, inovasi 1 rumah 10 polibek itu sebagai implementasi program Agam Menyemai yang dicetuskan sejak lama lama dan hal itu akan memberi dampak khusus bagi masyarakat, khususnya anggota KPM PKH. ” Minimal untuk kebutuhan dapur harian, nan di laman untuk ka dimakan, nan di parak baok ka pakan,” sebut Kurniawan Syahputra.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top