Kaba Terkini

Forikan Agam Gelar Bento Dorong Konsumsi Aneka Olahan Ikan

Manggopoh, kaba12.com — Dorong konsumsi aneka olahan ikan di kabupaten Agam Forum Peningkatan Kosumsi Ikan (Forikan) bekerjasama dengan Dinas Perikanan-Ketahanan Pangan Kabupaten Agam gelar lomba masak dan aneka olahan serba ikan 201, Rabu (10/4) di Medan Nan Bapaneh Nagari Manggopoh, kecamatan Lubukbasung.

Selain lomba masak serba ikan, kegiatan yang dimotori TP.PKK Nagari Manggopoh itu juga diadakan festival jingle tingkat SLTA perwakilan kecamatan, lomba mewarnai tingkat PAUD dan lomba Bekal Anak Sekolah (Bento).

Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria, saat membuka kegiatan tersebut dihadiri Ketua TP-PKK Agam, Ny. Vita Indra Catri, Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan, Ermanto, para camat, walinagari di kecamatan Lubuk Basung itu menyebutkan, kegiatan yang digelar sangat positif untuk mendorong peningkatan konsumsi ikan ditengah masyarakat.

Pasalnya, dengan potensi ikan yang dimiliki kabupaten Agam harus bisa lebih optimal dikonsumsi masyarakat terutama generasi muda, karena dengan asupan nutrisi yang tinggi, menjadikan generasi penerus kemajuan daerah yang ber SDM tinggi.

Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria mengatakan, melalui lomba masak serba ikan dinilai sangat stategis untuk merangsang masyarakat meningkatkan kosumsi ikan.

Wabup Agam itu menambahkan, konsumsi ikan di Kabupaten Agam cukup mengalami kenaikan yang signifikan dari tahun ke tahun, seperti pada 2018 konsumsi ikan di Agam mencapai 35 kilogram per kapita per tahun dibanding tahun 2012 hanya 18 kilogram per kapita per tahun. Namun, jumlah itu belum memenuhi target nasional 65 kilogram per kapita per tahun.

” Tahun depan, target itu akan tercapai, salah satunya dengan menggecarkan sosialisasi, termasuk peran aktif anggota PKK yang merupakan bagian tugasnya di rumah tangga,” ujarnya.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top