Kaba Pemko Bukittinggi

17 April, Warga Dihimbau Gunakan Hak Pilih Mulai Pukul 07.00 -13.00 WIB

Bukittinggi, KABA12.com — KPU bersama pemerintah kota Bukittinggi, terus melakukan sosialisasi pelaksanaaan pemilu 2019. Dimana tahapan untuk pencoblosan akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019 mendatang.

Komisioner KPU Bukittinggi divisi sosialisasi pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat dan SDM, Heldo Aura, menjelaskan, tahapan sosialisasi telah dilakukan dengan berbagai kegiatan. Diantaranya, merekrut relawan demokrasi 55 orang, yang dibagi dalam 10 basis, untuk menyampaikan kepemiluan kepada masyarakat, lomba jingle pemilu untuk sosialisasi kepada pemilih pemuda, konser musik serta KPU run.

“Hal ini kami lakukan untuk tetus mensosialisasikan Pemilu serentak yang akan kita gelar pada tanggal 17 April 2019 mendatang. Ada lima kertas suara yang akan dicoblos oleh pemilih nantinya. kertas suara warna abu-abu untuk calon presiden dan wakil presiden. Kertas suara warna merah untuk calon anggota DPD RI, kertas suara warna kuning untuk calon anggota DPR RI, kertas suara warna biru untuk calon anggota DPRD Sumbar dan kertas suara warna hijau untuk calon anggota DPRD kabupaten kota,” jelasnya.

Heldo Aura juga menyebutkan, saat ini KPU telah menyerahkan formulir C6 atau undangan untuk memilih, kepada PPS di setiap kelurahan. Selanjutnya C6 itu, akan segera didistribusikan kepada masyarakat pemilih hingga tanggal 14 April mendatang.

“Kami berharap seluruh C6 dapat didistribusikan kepada seluruh masyarakat yang terdaftar dalam DPT Bukittinggi. Jika yang belum mendapat C6 warga diharapkan dapat memintanya ke kelurahan. Proses pencoblosan nantinya bagi warga yang membawa C6 akan dilakukan pada pukul 07.00 hingga pukul 12.00. Selanjutnya bagi warga yang hanya menggunakan KTP dan masuk dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK) dapat memberikan hak pilihnya pada pukul 12.00 hingga pukul 13.00 WIB,” paparnya.

Kabag Humas Setdako Bukittinggi, Yulman, juga menyampaikan, pihak pemerintah daerah terus mengimbau kepada warga, untuk memberikan hak pilihnya pada pemilu serentak 17 Aprill 2019 mendatang. Berbagai upaya sosialisasi telah dilakukan dengan memasang sejumlah himbauan di beberapa titik.

“Beberapa baliho telah kami pasang. Walikota dan seluruh jajaran pun, setiap ada kesempatan bertemu dengan masyarakat, terus mengimbau kepada warga untuk tidak golput dan memberikan hak pilihnya dengan baik. Karena lima menit di bilik suara menentukan nasib bangsa lima tahun kedepan,” ujarnya.

Pemko.Bukittinggi mengajak seluruh masyarakat, agar memberikan pilihan sesuai keyakinan dan tidak menjadikan perbedaan untuk memecah belah persaudaraan. “Beda itu pilihan, namun jangan sampai perbedaan itu memecah belah kita, tapi jadikan lah perbedaan itu sebagai landasan untuk mempererat persatuan dan kesatuan kita,” tegasnya.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top