Kaba Pemko Bukittinggi

Pemko.Bukittinggi Beri Pelatihan Rendo Koto Gadang

Bukittinggi, KABA12.com — PLT. Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Perindustrian dan Tenaga Kerja, Dwi Nano Kurniasari diwakili Kepala UPTD Kerajinan dan Industri, Yusalman Ando membuka secara resmi Pelatihan “Rendo Koto Gadang”.

Pelatihan itu dilaksanakan di ruang pertemuan UPTD Kerajinan dan Industri, Kamis, (04/04) lalu.

Menurut Yusalman Ando, pelatihan Rendo Koto Gadang ini diikuti 20 orang peserta yang merupakan utusan masing masing Kelurahan.

Pelatihan dilaksanakan selama 13 hari yang di UPTD Kerajinan dan Industri, dengan Instruktur Bunda Zakiah dari Koto Gadang. “Pelatihan Rendo Koto Gadang ini diadakan dalam rangka mendidik wirausaha baru dibidang Rendo Koto Gadang. Dimana Rendo Koto gadang ini cukup banyak diminati, sementara untuk Rendo Koto Gadang itu sendiri tidak ada diproduksi oleh masyarakat yang tinggal di Bukittinggi, banyak permintaan masyarakat pada pemerintah Bukittinggi melalui UPTD. Kerajinan dan Industri untuk mengadakan pelatihan Rendo Koto Gadang bagi masyarakat,” jelasnya.

Yusalman Ando menambahkan, UPTD Kerajinan dan Industri yang selama ini memproduksi Selendang Koto Gadang, khusus untuk rendonya selalu diupahkan keluar kota Bukittinggi. “Untuk itulah, kami memandang penting diadakan pelatihan Rendo Koto Gadang ini bagi masyarakat Bukittinggi,” ujarnya.

Dengan Pelatihan Rendo Koto Gadang ini, tentu diharapkan masyarakat peeerta pelatihan dapat menjadikan pelatihan ini sebagai modal usaha untuk membuka usaha baru bidang Kerajinan Rendo Koto gadang.

UPTD Kerajinan dan Industri tidak lagi mengupahkannya ke luar kota Bukittinggi, tetapi akan memberdayakan peserta pelatihan ini. “Untuk itu, kami berharap, kepada peserta pelatihan Rendo Koto Gadang ini, untuk betul betul serius dan sungguh sungguh mengikuti pelatihan ini.

Sehingga pada akhirnya peserta ini dapat menjadi pelopor Rendo Koto Gadang di Bukittinggi, sekaligus menjadi wirausahawan baru yang dapat menggerakan ekonomi keluarga dibidang rendo,” harap Yusalman Ando.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top