Kaba Terkini

Disdukcapil Agam Tambah Jam Kerja untuk Perekaman KTP-el

Lubukbasung, KABA12.com — Jelang Pemilu 17 April 2019, Pemerintah Kabupaten Agam melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) genjot rekam KTP-el dengan menambah jam kerja.

Hal itu diungkapkan Kepala Disdukcapil Agam, Misran, saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (4/4), penambahan jam kerja ini menindaklanjuti Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 20/PUU-XVII/2019 tanggal 26 Maret 2019.

“Kebijakan ini dilakukan untuk menunjang persyaratan dalam Pemilu 2019 untuk memfasilitasi masyarakat yang belum memiliki KTP bisa menggunakan hak pilihnya,” ujar Misran.

Ditambahkan, sejak diturunkan surat edaran tersebut, pihaknya langsung turun ke lapangan dibeberapa kecamatan yang masih banyak belum perekaman KTP-el.

Ia menjelaskan, terdapat empat poin penting bersifat final yang harus ditindaklanjuti oleh seluruh kabupaten/kota se-Indonesia.

Pertama, melaksanakan pelayanan Sabtu-Minggu termasuk hari-hari libur, ke-dua, saat hari pemungutan suara nanti harus tetap memberikan pelayanan dan dukungan kepada KPU untuk pengecekan data calon pemilih.

Ke-tiga, tetap melaksanakan pelayanan jemput bola ke lokasi-lokasi yang sulit dijangkau. Dan ke-empat, dalam perekaman KTP-el sudah berstatus print ready record untuk disegerakan dilakukan percetakan.

Tercatat, ada enam hari libur menjelang Pemilu 17 April, yang menjadi agenda perekaman Disdukcapil ke kecamatan-kecamatan yaitu,Sabtu 30 Maret nanti, di Kantor Walinagari Tiku V Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara. Rabu 3 April di Kantor walinagari Balingka Kecamatan IV Koto. Sabtu 6 April kita melanjutkan ke Kantor Walinagari Padanglua Kecamatan Banuhampu.

Dan tanggal 13-14 (sabtu-minggu), ke Kantor Walinagari Koto Gadang Nagari Salareh Aia Kecamatan Palembayan dan Kantor Walinagari Matua Mudiak Kecamatan Matur.

(Virgo/*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top