Kaba Terkini

Damkar, Satpol PP Dan Satlinmas Berperan Dalam Perlindungan Masyarakat

Lubukbasung, KABA12.com Bupati Agam mengatakan bahwa Damkar, Satpol PP dan Satlinmas bukan hanya penjaga kota yang bersifat pasif, tetapi berperan aktif dalam proses pembangunan dan perlindungan pada masyarakat.

Hal itu diungkapkan saat hadiri upacara peringatan tiga hari besar, HUT Damkar ke-100, Satpol PP ke-69 dan Satlinmas ke-57 tingkat kabupaten, Kamis (4/4) di lapangan IPDN Baso.

Menurutnya, Damkar memiliki lingkup tugas untuk melakukan pencegahan, pengendalian, penyelamatan dan penanganan bahan berbahaya beracun kebakaran.

Melakukan inspeksi dan investigasi kejadian kebakaran, pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan serta penanggulangan kebakaran dan penyelamatan dalam kondisi yang membahayakan manusia.

Sedangkan Satpol PP dibentuk untuk menegakkan Perda dan Perkada, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat.

Sementara Satlinmas secara khusus dibentuk untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana, memelihara ketentraman ketertiban masyarakat, keamanan penyelenggaraan pemilu serta membantu upaya pertahanan negara.

Ia juga menyebutkan bahwa Indonesia akan memasuki masa pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Legislatif secara serentak.

Untuk itu, Damkar, Satpol PP dan Satlinmas agar berperan aktif dalam menjaga situasi yang kondusif dan memberikan dukungan yang nyata terhadap pesta demokrasi rakyat Indonesia, agar berjalan lancar dan sukses.
(Virgo/*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top