Kaba Terkini

UP2K Duo Koto Sukses Sinergikan Peran Program Pada Masyarakat

Duo Koto, KABA12.com — Program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) sangat mendukung masyarakat. Karena pengelolaannya langsung dari, oleh dan untuk masyarakat itu sendiri.

Dengan program UP2K, yang digerakkan sebagian besar ibu-ibu PKK dapat mendorong terciptanya lapangan pekerjaan dan penggerak perekonomian masyarakat.

Hal itulah yang diterapkan masyarakat di Nagari Duo Koto Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam. Nagari yang memiliki lima jorong tersebut memanfaatkan keterampilan ibu-ibu rumah tangga dengan mengolah kerajinan tangan mereka.

Sehingga Nagari tersebut menjadi daerah terbaik di tingkat Kabupaten Agam dan melanjutkan ke tingkat Provinsi Sumbar.

Hal itu disampaikan Ketua UP2K Nagari II Koto, Ratnayelnis, UP2K TP-PKK Nagari Duo Koto dinilai berhasil dalam melakukan pembinaan kepada para ibu-ibu dalam mengembangkan usaha kecil.

UP2K Duo Koto juga berhasil mensinergikan peranan dengan nagari dan perangkat nagari serta pemerintah kecamatan dan elemen masyarakat untuk menyalurkan programnya kepada masyarakat.

“ Khusus kepada walinagari Duo Koto yang memberikan kami pembinaan dan memfasilitasinya sehingga kita bisa mandiri seperti ini menjadi sebuah kelompok yang besar, padahal kelompok UKM di Duo Koto berjalan sendiri-sendiri,” ulasnya.

Sejak 2017, pihaknya mencoba merangkul beberapa kelompok UKM yang ada di nagari untuk bergabung membentuk kelompok besar dibawah binaan UP2K Nagari Duo Koto. Hasilnya, saat ini sudah tujuh Kelompok Pelaksana (Poklak), tiga mandiri dan empat madya yang dibina.

Lebih jauh, Ratnayelis menjelaskan, adapun jenis usaha yang dikembangkan UKM dibawah binaan Kelompok UP2K Nagari Duo Koto, adalah memanfaatkan sampah organik dan anorganik untuk dijadikan kompos dan didaur ulang untuk menambah pendapatan keluarga, yang diberi nama dengan “Sarok Pintar” (sampah pintar), membentuk rumah pintar, membuat jenis produk UKM makanan seperti, palai rinuak, palai bada, urai pensi, keripik rasa ikan, cendol rinuak dan puluhan jenis olahan makanan lainnya.

(Virgo/*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top