Kaba Pemko Bukittinggi

Dinas Pertanian dan Pangan Targetkan 2020 Bukittinggi Bebas Rabies

Bukittinggi, KABA12.com — Dinas Pertanian dan Pangan Bukittinggi, melalui bidang perikanan, peternakan dan keswan serta UPTD Puskeswan, tengah gencar melaksanakan vaksinasi rabies. Tidak hanya dengan menunggu di UPTD puskeswan, namun langsung melakukan vaksinasi door to door setiap kelurahan.

Kadis Pertanian dan Pangan Bukittinggi melalui Kepala Bidang perikanan, peternakan dan keswan, Ahmad Fauzi, menjelaskan, pihaknya terus melakukan sosialisasi vaksinasi rabies, untuk mengantisipasi penyebaran rabies di Bukittinggi. Bahkan sejak tanggal 19 Maret lalu, pihaknya gencar melakukan vaksinasi langsung ke rumah warga setiap kelurahan.

“Kami terus mengupayakan vaksinasi kepada setiap hewan, khususnya anjing, kucing, kera dan musang. Termasuk mengupayakan vaksi door to door yang hingga saat ini telah kami lakukan di dua kelurahan, Puhun Tembok dan Kubu Gulai Bancah,” jelas Ahmad Fauzi didampingi Kepala UPTD Puskeswan Bukittinggi drh. Evi Silvia.

Sistem door to door setiap kelurahan, lanjut Ahmad Fauzi, akan dilaksanakan hingga tanggal 24 April mendatang.

“Untuk itu diharapkan setiap kelurahan juga turut mendukung program ini, dengan memfasilitasi kegiatan vaksinasi serta mensosialisasikan kepada maayarakat peternak hewan disekitarnya,” ujarnya.

Pada tahun 2017 lalu, dinas pertanian dan pangan Bukittinggi telah memvaksin 3654 ekor hewan. Untuk 2018, pihaknya juga telah memvaksinasi 4037 ekor hewan. Sedangkan 2019 ini, ditargetkan minimal 3000 ekor hewan divaksin rabies.

“Sampai saat ini, Bukittinggi tercatat masih termasuk daerah terndah kasua rabies di Sumbar. Kami berharap para pemilik hewan dapat mengikuti vaksin rabies ini. Minimal satu kali enam bulan. Sehingga target kita tahun 2020 Bukittinggi bebas rabies dapat kita realisasikan,” tegasnya.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top