Kaba Terkini

Delapan Kabupaten/Kota Indeks Kerawanan Pemilu Tertinggi di Sumbar

Lubukbasung, KABA12.com — Sebelumnya, Agam menjadi daerah yang memiliki indeks pemilu terendah di Sumbar.

Hal tersebut diungkap Divisi Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Agam, Oktamuhlia, saat memberikan materi tentang Sosialisasi Partisipatif, Fasilitasi, Publikasi dan Dokumentasi Pengawas Pemilu bersama Insan Pers, Pemda dan TNI/Polri, di Hotel Sakura Syariah Lubuk Basung, Minggu (24/3).

Dijelaskan ada delapan kabupaten/kota yang memiliki indeks kerawanan pemilu tertinggi di Sumbar. Ke-delapan daerah tertinggi tersebut berdasarkan urutannya adalah Kabupaten Pasaman Barat (skor 58,61), Kota Payakumbuh (skor 57,23), Kabupaten Solok (skor 56,97). Kemudian, posisi empat tertinggi diikuti oleh Kabupaten Limapuluh Kota (skor 56,69), posisi ke-lima Kabupaten Kepulauan Mentawai (skor 56,25).

Sementara itu, diurutan enam, tujuh dan delapan di huni oleh Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Sijunjung dan Kota Pariaman.

Menurut Oktamuhlia, pihaknya merilis IKP Pemilu 2019 dengan harapan dapat menjadi alat pemetaan, pengukuran potensi, prediksi, dan deteksi dini untuk menentukan wilayah-wilayah prioritas yang diidentifikasi sebagai wilayah rawan dalam proses pemilu demokratis.

“IKP itu alat untuk mengetahui dan mengidentifikasi ciri, karakteristik, dan kategori kerawanan dari berbagai wilayah yang akan melangsungkan pemilu dan sumber data rujukan, informasi, dan pengetahuan serta rekomendasi dalam mengambil keputusan,” tegasnya.

(Ardi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top