Kaba Pemko Bukittinggi

700 Personil Disiagakan, Pengamanan Pemilu Disimulasikan

Bukittinggi, KABA12.com — Tim gabungan dari Polres Bukittinggi, Kodim 0304 Agam, Satpol PP, Dishub dan Linmas, gelar simulai pengamanan pemilu 2019 di kota Bukittinggi. Simulai digelar dalam apel gelar pasukan pengamanan pemilu 2019, di lapangan Wirabraja Bukittinggi, Jumat (22/03).

Dalam simulasi tersebut diperagakan adegan tata cara pemilihan pada saat pencoblosan di TPS dengan pengawasan dari pihak kepolisian serta adanya simulasi kerusuhan saat pemilu berlangsung dimana pihak pengamanan turun langsung mengamankan jalannya kerusuhan itu.

Kapolres Bukittinggi, AKBP Arly Jembar Jumhana pada kesempatan itu menyampaikan, untuk mengamankan pemilu diwilayah hukum Polres Bukittinggi, disiagakan 700 personil dari Polres Bukittinggi, TNI, Satpol PP, Dishub dan Linmas.

“Semua personil akan diturunkan. Kita siap mensukseskan pengamanan jalannya pemilu. Sehingga masyarakat nantinya, bisa memberikan hak suaranya pada saat pemilihan tanpa adanya gangguan dan jika adapun gangguan, kami siap untuk mengamankan gangguan yang terjadi. Kita menginginkan pemilu 2019 ini berjalan lancar, aman dan damai serta menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif,” ujar Kapolres.

Sementara itu, Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, menyampaikan, pemilu suatu pesta demokrasi untuk menentukan nasib bangsa lima tahun kedepan. Dimana masyarakat menjadi penentu pemimpin negara, wakil rakyat untuk pusat daerah tingkat I, dan tingkat II.

“Untuk itu, mari kita sukseskan pesta demokrasi ini. Kita gunakan hak pilih kita, jangan sampai ada yang golput,” himbaunya.

Ditambahkan pemerintah daerah juga siap membantu KPU kota untuk mensukseskan pemilu 2019 pada 17 April nanti. Seperti menyediakan sarana lokasi pencoblosan, serta pengamanan dari pemerintah daerah agar pemilihan nanti tidak ada gangguan.

“Pemilu merupakan hak bagi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya termasuk aparatur pemerintah. Untuk itu, kesiapsiagaan tim pengamanan sangat diharapkan, agar seluruh bentuk kekacauan dan permasalahan dapat diantisipasi. Kita selalu berharap, pelaksanaan pemilu di Bukittinggi dapat berjalan aman dan lacar, menjadi pelaksana pemilu terbaik di Indonesia,” tegas Wako.

(Ophik)  

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top