Kaba Terkini

Satu Hektare Lahan Hutan Mangrove Rusak Di Agam

Gasan Ketek, Kaba12.com — Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mencatat sekitar satu hektare hutan mangrove di sepanjang garis pantai di daerah itu mengalami kerusakan akibat pembukaan tambak udang di daerah tersebut.

hal itu disampaikan Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Agam, Ermanto di Lubukbasung, Kamis (21/3), satu hektare hutan mangrove itu berada di Gasan Ketek, Nagari Tiku Selatan, Kecamatan Tanjungmutiara.

Menyikapi hal tersebut, lanjutnya pihaknya telah menghentikan budidaya udang karena tidak memiliki izin usaha dari pemerintah setempat.
Berdasarkan data pada tahun 1980, luas hutan mangrove di sepanjang garis pantai di Kecamatan Tanjungmutiara sekitar 300 hektare. Dari 300 hektare itu, sekitar 101 hektare mengalami rusak akibat alih fungsi menjadi lahan sawit seluas 100 hektare pada 1980 dan satu hektare dijadikan lahan tambak udang.

Menurut dia agar hutan magrove tetap terjaga, pihaknya melakukan penanaman mangrove bekerja sama dengan Pemprov Sumbar dan Dinas Kehutanan pada 2016.

“Hutan mangrove ini untuk tempat bertelur atau pemijahan ikan dan melindungi permukiman dari ombak,” katanya.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top