Kaba Terkini

Antisipasi Banjir Warga Jorong Simpang Batupalano Goro Massal Bangun Parit

Batupalano, kaba12.com — Antisipasi dampak banjir yang kerap menghantam wilayah mereka, ratusan warga Jorong Simpang, Nagari Batupalano, kecamatan Sungai Pua, gelar gotong royong massal.

Goro massal yang dihadiri sekitar 120 orang warga itu, membangun parit aliran bandar sepanjang 850 meter di kawasan tepi jalan Raya Nagari Batu Palano.

Pembangunan parit sepanjang tali bandar du ruas jalan lintas Sumatera itu untuk mengantisipasi luapan banjir dan untuk mengendalikan air bandar yang selalu meluap ke badan jalan jika hari hujan.

Camat Sungai Pua Syafrizal menyebutkan, pembangunan parit sepanjang tali bandar itu, merupakan langkah antisipasi dampak banjir yang kerap terjadi jika turun hujan.

Bahkan, kawasan itu beberapa waktu belakangan kerap terpicu banjir besar, tidak hanya merendam ruas jalan, tapi juga areal perkebunan warga, bahkan pemukiman penduduk.

Ditambahkan, selain pembangunan parit tali bandar itu, masyarakat juga sengaja menggali aliran bandar agar lebih dalam, sehingga aliran bandar bisa lebih tertampung ,” dengan pembangunan parit itu, diyakini bisa mengantisipasi luapan banjir karena saluran air sudah lebih memadai,” sebut Syafrizal.

Camat Sungai Pua itu, mengapresiasi perhatian, kepedulian dan semangat gotong royong masyarakat tersebut, sehingga upaya antisipasi dampak banjir bisa lebih ditekan.

Goro massal warga jorong Simpang Nagari Batu Palano itu, tidak hanya didominasi kaum pria, dibuktikan kaum ibu juga berperan menyediakan kebutuhan konsumsi para peserta goro massal sepanjang Rabu kemarin.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top