Kaba Terkini

Kodim 0304/Agam Siapkan 220 Personil Amankan Pemilu

Bukittinggi, KABA12.com — Komando Distrik Militer (Kodim) 0304/Agam menurunkan 220 personil untuk amankan pelaksanaan pemilu 2019 di wilayah hukum kabupaten Agam dan kota Bukittinggi.

Komandan Kodim (Dandim) 0304/Agam, Letkol. Inf. Victor Andhyka Tjokro, menjelaskan, dari 220 personil Kodim itu 150 orang diantaranya personil yang bertugas sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa). Tidak hanya itu saja, satu batalyon juga disiagakan apabila terjadi hal diluar kendali.

“Strategi pengamanan Pemilu dilakukan secara tidak langsung, karena pada dua wilayah kerja Agam dan Bukittinggi itu, terdapat 1000 lebih Tempat Pemungutan Suara (TPS). Pengamanan personil dilakukan diluar area atau 100 meter dari lokasi pemilihan,” terangnya.

Menurut Victor Andhyka Tjokro, apabila terjadi hal yang tidak diinginkan, maka pihak Kodim 0304/Agam bersama Polres Bukittinggi, akan ikut terlibat mengatur mengamankan kericuhan yang terjadi, hingga situasi Pemilu tersebut kembali berjalan dengan aman dan tertib.

“Disamping itu juga ada sekitar 100 personil Kodim 0304/Agam On Call disaat Pemilu, dan semuanya akan terlibat secara langsung maupun yang berjaga diluar lokasi TPS,” ulasnya.

Victor Andhyka Tjokro menambahkan, apabila terjadi situasi diluar kendali saat Pemilu, Babinsa memberikan laporan, lalu laporan diteruskan pada pihak kepolisian, dan untuk posisi disaat Pemilu adalah BKO dari kepolisian, perintah pasukan atas perintah polisi, personil akan bergerak lokasi apabila ada laporan yang harus ditindaklanjuti.

“Diharapkan dengan optimalnya pengamanan yang dilakukan, pesta demokrasi Pemilu 2019 ini berjalan lancar dan aman, tanpa ada kekurangan apapun,” ungkapnya.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top