Kaba DPRD Agam

DPRD Agam Apresiasi Musrenbang RKPD 2020

Lubukbasung,kaba12.com — Musrenbang RKPD Kabupaten Agam tahun 2020 di aula Bappeda Agam yang dibuka Bupati Agam Dr.Indra Catri, dihadiri Forum Komunikasi Pemerintah daerah Agam, Wakil Ketua DPRD Agam Suharman dan anggota DPRD, ASN dilingkungan Pemkab.Agam dan undangan lainnya, Rabu, (20/03).

Ketua DPRD Agam Marga Indra Putra diwakili Suharman wakil ketua DPRD Agam dalam sambutannya, memberi apresiasi kepada Bupati Agam dan seluruh jajaran pemerintah atas capaian pembangunan beberapa waktu belakangan.

Bahkan, di kabupaten Agam selama tahun 2018 beragam kegiatan pembangunan sangat terasa manfaatnya bagi masyarakat Agam, termasuk berbagai prestasi yang diraih baik tingkat provinsi maupun Nasional, bahkan Pemkab.Agam sukses mempertahankan predikat WTP yang ke 4 kalinya.

” Dalam peraturan perundang -undangan diamanatkan pelaksanaan fungsi DPRD dimana DPRD berkewajiban memberikan pandangan terkait arah kebijakan pembangunan tahun 2020, tahun 2018 adalah adalah tahun ke tiga pelaksanaan RPJMD 2016-2021, untuk itu kita perlu memacu lebih serius berbagai program sehingga target yang tertuang dalam RPJMD dapat dituntaskan seiring dengan berakhirnya masa jabatan Bupati 2021 mendatang,” jelasnya.

Ditambagkan, upaya mendorong percepatan pencapaian RPJMD di tahun 2020 DPRD Agam perlu memberi masukan untuk menyelesaikan persoalan -persoalan yang berkembang ditengah masyarakat bisa dicarikan solusinya.

Suharman menyebutkan, ada beberapa persoalan yang harus jadi perhatian terutama meningkatnya kasus HIV/AIDS, LGBT dan pelaku penyimpangan perilaku seksual yang beberapa tahun terakhir sangat mengganggu, ” hal ini sangat diharapkan peran keluarga dan lingkungan melalui penyuluhan dan tindakan tegas dari pihak yang berwenang,” ulasnya.

Disebutkan, masih banyak kegiatan yang harus dimaksimalkan, seperti gerakan Nagari Madani, penerimaan zakat sebagai salah satu upaya menekan kemiskinan, karena selama ini mengandalkan zakat dari ASN sehingga perlu kiat agar para muzaki di kabupaten Agam terpanggil untuk membayar zakat, pendidikan, pertanian serta pariwisata .

Ditambahkan Wakil Ketua DPRD Agam itu, dalam program infrastruktur seperti pembangunan jalan dan jembatan, kegiatan lingkungan terutama tentang kesadaran masyarakat dalam mengelola sampah rumah tangga, termasuk upaya penyelamatan danau Maninjau melalui Save Maninjau dan pengetasan kemiskinan,” semuanya perlu tindakan nyata dari pemerintah daerah, bersama seluruh elemen terkait dan masyarakat,” ulas Suharman.

Beberapa pandangan dan harapan DPRD Agam itu, sebagai salah satu unsur penyelenggara pemerintahan daerah, yang diharapkan dapat menjadi perhatian bagi pemerintah daerah untuk merealisasikan langkah nyata dalam pencapaian RPJMD Kabupaten Agam.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top