Kaba Pemko Bukittinggi

Kuota CJH Bukittinggi 2019 Tahap I Hanya 245 Orang

Bukittinggi, KABA12.com — Kantor Kementrian Agama Kota Bukittinggi mencatat, jumlah kuota Calon Jamaah Haji (CJH) yang akan diberangkatkan tahun 2019 ini, mengalami penurunan dari yang berangkat pada musim haji tahun 2018 lalu. Hal ini disesuaikan dengan jumlah CJH yang mendaftar pada 2011 lalu.

Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Bukittinggi, Abrar Munanda, Senin (18/03), mengatakan, tahun 2019 ini kuota yang akan berangkat sebanyak 245 orang, jauh menurun dari tahun 2018 lalu yang mencapai 370 Calon Jamaah Haji. “Calon Jamaah Haji yang berangkat tahun 2019 merupakan mereka yang mendaftar di tahun 2011 dan dikarenakan saat itu jumlah Calon Jamaah Haji yang mendaftar sedikit maka pada pemberangkatan haji tahun ini disesuaikan kuota yang mendaftar pada saat itu,” terangnya.

Menurut Abrar Munanda, jumlah kuota yang ditetapkan sementara itu, merupakan jumlah tahap I. Dimana nantinya, masih ada kemungkinan untuk penambahan pada pendataan tahap II, bagi para lansia dan CJH penggabungan bagi anggota keluarga tertentu, yang telah mendaftar sebelumnya.

Sementara itu Kasi penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Bukittinggi, Tri Andriani, menyebutkan, saat ini sebanyak 245 calon jamaah haji yang akan berangkat tahun ini telah mulai melunasi ONH (Ongkos Naik Haji) tahap I yang dimulai pada tanggal 19 Maret – 14 April 2019.
“Untuk pelunasan ONH tahap I ini diutamakan bagi calon jamaah haji yang belum haji. Sedangkan ONH tahun ini ditetapkan sebesar Rp 32 juta lebih,” ulasnya.

Menurut Tri Andriani, Calon Jamaah Haji juga telah melakukan manasik inisiatif masyarakat melalui Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH), dan untuk manasik tingkat kecamatan dan kota akan segera dilakukan sesuai jadwal yang telah disusun.

“Kita juga bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bukittinggi terkait teknis pemberangkatan Calon Jemaah Haji dari daerah asal ke embarkasi Padang dan dari embarkasi Padang kembali ke daerah asal, ditambah dengan kerjasama dengan Dinas Kesehatan terkait pemeriksaan kesehatan, dan suntik meningitis,” ungkapnya.

Pada tahun 2018 lalu sambung Tri Andriani, 370 orang Calon Jamaah Haji asal Kota Bukittinggi, bergabung dengan kota lainnya, sebab satu set pesawat yang terbang terdiri dari 388 set (tempat duduk).

“Pada tahun ini, calon jemaah haji kita akan bergabung dengan kota lainnya. Satu set pesawat terdiri dari 388 tempat duduk, pada tahun lalu diisi oleh calon jemaah haji dari Kota Padang,” jelasnya.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top