Kaba Terkini

Potensi Wisata Tilatang Kamang Dibedah Khusus

Pekan Kamih, kaba12.com — Potensi wisata kecamatan Tilatang Kamang yang luar biasa akan dibedah khusus dari berbagai aspek.

Potensi wisata yang ada, dukungan masyarakat dan perantau saat ini, menjadi salah satu motivasi bagi jajaran pemerintah kecamatan dan nagari untuk mencari solusi pengolahan dan pengembangan potensi wisata di wilayah itu.

Menyikapi hal itu, Camat Tilatang Kamang Ade Harlien, S. STP. M.Sc, Jumat,(15/3) sore sengaja mengadakan diskusi terbuka dengan seluruh kepala seksi dan Kasubag kantor camat Tilatang kamang di saung kantor camat di Pakan Kamih.

Diskusi yang membahas tentang kelanjutan program pariwisata di Tilatang Kamang itu, menghadirkan Devy Kurnia Alamsyah,SS, M,Hum, pengajar pada Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang, untuk memperdebatkan program dan langkah yang harus dilakukan untuk pengembangan potensi wisata Tilatang Kamang tersebut.

Dalam diskusi yang dipimpin camat Tilatang Kamang Ade Harlien itu, beberapa benang merah dan masukan yang harus dilakukan bersama dalam upaya pembenahan potensi wisata itu antaranya masih kurangnya sosialisasi terkait dengan jalan alternatif menuju lokasi wisata yang ada, rambu penunjuk arah serta area parkir yang belum optimal.

Untuk kegiatan atau event budaya juga belum dioptimalkan perannya sebagai penarik kunjungan para wisatawan.

Seperti hanya potensi seni budaya tradisional tambua, pencak silat , festival Sonsang dan event lain.

Devy Kurnia Alamsyah, S.S., M. Hum. pengajar pada Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang selaku pemberi arahan dalam diskusi ini, menyebut beberapa masukannya.

Dijelaskan,Tilatang Kamang merupakan daerah yang sangat potensial untuk agrowisata dan tataboga yang terkait dengan kuliner dan penganan lokal, salah satunya adalah Nasi Kapau yang terkenal itu.

Hal itu menurutnya harus dipacu dengan mulai giatnya pengelolaan dan manajemen pariwisata bersama stakeholder terkait.

Disebutkan, kejelian menangkap potensi lokal berupa versifikasi potensi wisata, target wisata yang akan datang berkunjung, packaging produk serta sosialisasi kepada masyarakat,” promosi dan sosialisasi itu menjadi kunci utama,” sebut Devy Kurnia Alamsyah.

Sementara menurut Ade Harlien,Camat Tilatang Kamang berharap, sesuai program dan komitmen bersama berbagai pihak di Tilatang Kamang, kedepan sudah dapat dipersiapkan kerjasama (MOU) dari kecamatan Tilatang Kamang melalui Pemkab.Agam kepada Pemprov.Sumbar dalam bentuk proposal dengan pihak akademisi.

Ditambahkan, berdasarkan analisis SWOT, potensi Tilatang Kamang sangat luar biasa. Hanya saja, sesuai hasil survei dan kajian dalam diskusi Jumat itu, kelemahan selama ini, pola, strategi dan memaksimalkan penggarapan potensi yang ada,” kita tengah mencari pola dan cara mengoptimalkan semua potensi yang ada itu,” sebut Ade Harlien.

Secara khusus Ade Harlien sangat berterimakasih atas masukan dan saran Devy Kurnia Alamsyah, yang optimis kecamatan Tilatang Kamang, bisa disejajarkan dengan jejaring kota kreatif lainnya yang tergabung dalam organisasi Internasional yaitu UNESCO.

” Kita optimis, potensi yang ada, akan berkembang maksimal, kami berharap dukungan dari berbagai pihak,” sebut Ade Harlien berharap.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top