Kaba Pemko Bukittinggi

600 Peserta Ikuti Kompetisi Sumatera Olimpiade Roadshow Parabek 2019

Bukittinggi, KABA12.com — Sekitar 600 orang siswa mengikuti Grand final Sumatera Olympiad Roadshow Parabek ke IV tahun 2019 di Pondok Pesantren (Ponpes) Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi, Minggu (10/03).

Kegiatan Grand final Sumatera Olympiad Roadshow Parabek ke IV bidang studi Matematika ini, di buka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Agam, yang diwakili Kasi Pendidikan Madrasah (Penmad) H.Edi Zalman.

Ketua Panitia Sumatera Olympiad Roadshow Parabek (SORP) ke IV, Ustadz Taufik Hidayat mengatakan, Sumatera Olympiad Roadshow Parabek ke IV 2019, dilaksanakan di delapan propinsi yakni Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu dan dan Sumatera Selatan, dengan jumlah peserta 2.272 orang peserta.
Pelaksanaan SORP telah dimulai semenjak Januari 2019 dimasing masing Provinsi.

Sedangkan untuk babak grand final SORP di laksanakan pada 10 Maret 2019 di Ponpes Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi.

Dari 2.272 peserta yang mengikuti SORP tahun ini, yang lolos masuk dalam babak grand final sebanyak 600 peserta.

SORP tahun ini kata Taufik adalah kegiatan yang keempat, dimana kegiatan perdananya digelar pada 2016 lalu yang dilaksanakan di empat propinsi. Kemudian untuk 2017 dilaksanakan di lima propinsi, untuk 2018 dilaksanakan di enam propinsi, dan 2019 dilaksanakan di delapan propinsi. Sejak dilaksanakannya SORP tersebut, jumlah peserta yang mengikuti selalu meningkat dari tahun ke tahun.

“Alhamdulillah peserta SORP tahun ini meningkat di banding tahun 2018 lalu yang diikuti oleh 1.743 peserta. Dari 2.272 peserta yang mengikuti SORP ke IV, maka yang berhak masuk dalam babak grand final sebanyak 600 orang peserta. Semua peserta yang mengikuti kompetisi di babak final SORP ke IV bidang studi Matematika ini, telah berkumpul di Ponpes Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi,” ujar Taufik.

SORP ke IV 2019 ulasnya, memperebutkan tropi bergilir dengan total hadiah Rp 40 Juta. Bagi Juara I akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 4 Juta ditambah tropy dan voucher. Untuk juara II sebesar Rp 3 Juta ditambah tropy dan voucher, serta juara III mendapatkan hadiah sebesar Rp 2 Juta ditambah tropy dan voucher.

“Pemuncak SORP ke IV 2019, akan kita umumkan hari ini juga setelah kompetisi selesai. Untuk tahun lalu, tropy bergilir SORP di raih oleh peserta dari regional Bukittinggi. Atas panitia pelaksana, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut menyukseskan SORP ke IV 2019. Mudah mudahan melalui kegiatan ini, Ponpes Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi akan lebih dikenal luas lagi,” ungkap Taufik.

Sementara itu Pimpinan Ponpes Sumatera Thawalib Parabek H. Zulfahmi, menyampaikan ucapan selamat datang kepada peserta, pendamping dan orangtua siswa di Ponpes Sumatera Thawalib Parabek. Ia juga memberikan apresiasi atas semangat peserta yang datang dari berbagai provinsi untuk mengikuti babak final kompetisi bidang matematika tingkat sekolah dasar ini.

“Kami yakin, peserta yang datang ke Sumatera Thawalib Parabek ini adalah anak-anak kita yang terhebat dari 8 propinsi. Oleh karena itu, mari kita bersyukur dan berbangga karna anak anak kita ini terpilih untuk mengikuti babak final SORP ke IV tahun 2019 di Ponpes Sumatera Thawalib Parabek,” ujar Ustadz Zulfahmi.

Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Agam H.Edi Zalman memberikan apresiasi yang luar biasa atas pelaksanaan SORP yang sudah memasuki tahun ke empat di tingkat Sumatera.

“Kita berharap kedepannya, pelaksanaan kompetisi SORP ini bisa dilaksanakan ditingkat Indonesia dan dunia,” ungkapnya.
(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top