Kaba Terkini

Cegah Rabies, Pemkab Agam Kerahkan 40 Petugas Medis Lakukan Vaksinasi

Lubukbasung, KABA12.com — Pemerintah Kabupaten Agam melalui Dinas Pertanian setempat, melakukan pemberian vaksinasi rabies kepada ribuan hewan peliharaan penular penyakit rabies didaerah tersebut.

Untuk terlaksananya kegiatan tersebut, Distan Agam mengerahkan 40 petugas medis dan paramedis untuk memberikan vaksin itu.

“Pemberian vaksin itu dilakukan pada hewan peliharaan masyarakat sebagai bentuk pencegahaan penularan virus rabies dan ini tidak gratis tidak dipungut biaya karena sudah ditanggung Pemprov Sumbar,” kata Sekretaris Distan Agam, Zufren di Lubukbasung.

Zufren menjelaskan, ke-40 petugas medis dan paramedis tersebut akan di sebar di lima UPT Puskesmas di Agam. Namun sebagai antisipasi awal dalam mereka bertugas, paramedis tersebut terlebih dahulu divaksin, agar tidak tertular virus tersebut.

“Dalam menjalankan tugas di lapangan, petugas ini terlebih dahulu diberikan vaksin anti rabies dan serum anti rabies sehingga mereka tidak akan tertular virus tersebut meskipun digigit atau dicakar hewan yang diduga dapat menyebarkan virus tersebut. Ini bentuk antisipasi kita kepada petugas,” jelasnya.

Ia menyebutkan, pada tahun 2018 sebelumnya Distan Agam telah memberikan vaksin rabies terhadap 6.710 ekor hewan penular rabies didaerah itu. Sementara untuk tahun 2019 ini pihaknya telah menargetkan akan memberikan vaksin 7.000 ekor hewan.

Jumlah kasus gigitan hewan penular rabies di Agam cukup sering terjadi. Nyatanya, sejak Januari hingga Februari saja telah terjadi 14 kasus gigitan hewan dengan korban 22 orang.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top